GOALS

Buat Kartu Anggota Perpustakaan, 1 Menit Langsung Jadi




Waktu itu hari jumat, saya berkunjung ke Perpustakaan Umum Magetan. Letak perpustakaan ini sebelah selatan Masjid Agung Baitussalam Magetan. Sangat strategis dan tidak perlu menggunakan gmaps saat kesana hehe. Gedungnya juga dipinggir jalan jadi pokoknya jangan khawatir kalau nyasar. 

Sampai di lokasi saya pun masuk dan mulai bercengkrama dengan koleksi buku yang ada disana. Bukunya banyak sekali, mulai filsafat, agama, psikologi, hukum dan masih banyak lagi. Setelah cukup lama memilah dan memilih bertemulah saya dengan tiga buku yakni 5 cm, Teori Konspirasi dan The DDC Game. Saya pun mulai membaca sinopsis ketiga buku itu dan terbesit keinginan saya untuk meminjamnya.

“Permisi, ini teknis peminjamannya bagaimana ya Bu?”, tanya saya pada salah satu Ibu-Ibu yang sepertinya petugas perpustakaan.

“Di depan sana Mbak tapi sebelumnya buat Kartu Anggota dulu”, jawab Ibu itu.

Saya pun berterima kasih dan membuat kartu terlebih dahulu. Tidak serumit yang saya kira. Saya pun menuju bagian “Cetak Kartu”, disinilah saya membuat kartu anggota perpustakaan. Langkahnya mudah sekali. Saya hanya memerlukan identitas dan mengisi formulir online, mengambil foto lalu mencetak kartu.

Kartu mahasiswa saya keluarkan dan saya gunakan untuk mengisi formulir online. Formulir online ini berisi identitas kita seperti nama lengkap, alamat, nomor hp, nama orang tua, dll. Setelah itu ambil foto, secara otomatis kita bisa mengambil foto sendiri dari kamera pada komputer itu.

Ckrikkkkk, dengan senyum saya mengambil foto saya sendiri. Setelah itu, saya pun mencetak kartu. Tidak perlu waktu lama untuk mencetak kartu. Klik cetak pada komputer dan kartu anggota perpustakaan akan keluar dari mesin cetak kartu. Sangat praktis dan canggih. Btw, tidak ada biaya administrasi dalam pembuatan kartu anggota perpustakaan ini alias Gratisss tissss.

Dokumentasi pribadi

Setelah saya mengantongi Kartu Anggota Perpustakaan, saya pun ke bagian peminjaman buku dan ternyata hanya 2 buku saja yang boleh dipinjam. Saya pun memilih 5 cm dan Teori Konspirasi. Saat meminjam, kartu anggota perpustakaan saya diminta petugas kemudian saya juga diminta tanda tangan pada sebuah lembar tanda peminjaman (seperti struk di bank) yang isinya judul buku dan nama peminjam. Setelah itu, saya pun membawa 2 buku tersebut untuk saya baca di rumah.

Singkatnya, jika ingin membuat Kartu Anggota Perpustakaan Magetan jangan lupa bawa kartu identitas (KTP/SIM/Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa) yang digunakan untuk mengisi formulir. Selain itu, usahakan kesana pagi dan dandan yang cantik/ganteng untuk ambil foto, hehe. Saat proses pembuatan kartu ini nanti kita juga didampingi sama petugasnya. Kalau mau tanya atau ada masalah bisa ditanyakan ke beliau.

Nah, demikian tadi cerita saya saat membuat Kartu Anggota Perpustakaan Magetan. Yuk buruan buat biar bisa pinjam koleksi bukunya :)

0 komentar:

Post a Comment