GOALS

Lihat Pameran Lukisan, Ngapain Coba ?



Foto pribadi


Awal tahun 2020 ini saya pertama kalinya saya melihat Pameran Lukisan di Kabupaten Magetan. Tepatnya di Gedung Kesenian Tripandhita. Gedung ini terletak di sebelah timur Pendhopo Surya Graha. Sebelumnya saya tidak langsung menuju gedung ini tapi tujuan utama saya ke Alon-Alon Magetan untuk menikmati cemilan, me time dan baca buku. Well, lama-lama bosen juga, saya pun berjalan menuju Gedung Tripandhita karena mengetahui ada Pameran Lukisan Magetan Art dari instagram.


Memasuki gedung saya ditemani alunan musik pop dan terlihat ada mas-mas yang duduk di kursi sambil baca buku. Saya pun cuek dan memutuskan untuk berkeliling dulu melihat lukisan-lukisan. Satu-persatu lukisan saya amati dan mencoba saya maknai. Tak lupa, saya pun mengambil gambar dengan ponsel.


Tak terasa saya sudah berkeliling dua kali dan sampailah saya di satu lukisan yang memang menarik diri saya untuk terus melihatnya. Lukisan ini sederhana namun seperti nyata dan bernyawa. Saya sampai bengong melihatnya kemudian berjalan menuju sebuah lukisan dengan judul “Jenuh”. Lukisan in terkesan abstrak tapi saya penasaran apa maksudnya. Lama-lama saya lihat memang lukisan ini bikin saya jenuh, sesuai namanya


“Bagaimana lukisannya Mbak?”, tanya mas penjaga


“Oh, bagus”, jawab saya.


Mas penjaga ini tadi ternyata tergabung dalam komunitas Magetan Art dan lukisan beliau pun ikut serta dipamerkan di acara ini. Ada sekitar 3 lukisan yang beliau pamerkan. Jiwa penasaran saya pun muncul dan mulai menanyakan apapun yang ingin saya ketahui. Magetan Art adalah salah satu komunitas seniman di Kabupaten Magetan. Anggotanya pun memiliki latar belakang yang berbeda. Mulai guru, siswa, mahasiswa dan masih banyak lagi. Semuanya terhimpun dalam Magetan Art. Salah satu anggotanya ya mas yang menjaga pameran ini tadi.


Dalam proses pembuatan, biasanya memerlukan waktu sekitar 3 sampai 5 bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Btw, lukisan-lukisan ini juga memiliki nilai jual yang tinggi. Harganya saja bisa mencapai 10 juta. Pantesan pameran ini tadi dijagain, hehe. Setelah cukup puas bertanya dan melihat semua lukisan, saya pun pamit dan keluar gedung.  Saya kemudian menuju tempat parkir dan berlalu pulang.




0 komentar:

Post a Comment