GOALS

The Magic of Reality: Mitos dan Sains


Rasanya saya menyesal baru membaca buku ini. Saya mengetahui buku ini tahun lalu namun baru membacanya bulan ini. Sebenarnya buku apa yang saya maksud? yang jelas buku ini sangat spesial dan bagus banget. Dengan buku ini, kita bisa belajar sekaligus mendapatkan pemahaman mengenai peristiwa yang terjadi disekitar kita. Buku yang saya maksud adalah salah satu karya Richard Dawkins yaitu The Magic of Reality. Ada yang sudah baca?

Buku berjumlah sekitar 270 halaman ini berisi mengenai mitos-mitos yang kemudian dijelaskan dari sisi sains. Tak hanya itu penulis juga menganalogikan konsep-konsep sains dengan analogi yang mudah dipahami. Saat membaca buku ini usahakan untuk tidak meloncat tapi runtut dari bagian awal karena masing-masing bagian berkaitan. 

Hal yang saya suka dari buku ini adalah semua bagian dai buku ini diawali dengan pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan ini kelihatan sepele tapi seringkali diabaikan. Misalnya (terdapat di daftar isi) “Apa itu Pelangi?”. Membaca pertanyaan ini saya jadi ingat saya kecil, saya selalu bertanya-tanya. Ujungnya pelangi itu apa ya? Apa guci berisi uang seperti pelangi di film spongebob ?. Sewaktu saya kecil juga dikaitkan dengan mitos bahwa bidadari-bidadar dari langit sedang mandi di sungai, haha. 

Setelah pertanyaan, penulis pun menyuguhkan mitos mengenai pelangi. Ada banyak mitos namun saya akan menuliskan dua saja (selebihnya bisa baca bukunya). Dalam mitos Nors (Viking) Kuno, pelangi dipandang sebagai jembatan rapuh yang digunakan oleh Dewa untuk melakukan perjalanan dari Khayangan ke Bumi. Mirip dengan mitos masa kecil saya, eheh. Lain halnya dengan mitos Chumash yang berakhir dengan aneh. Pelangi dipandang juga sebagai jembatan, orang-orang melewati jembatan pelangi namun karena takut ketinggian alhasil orang-orang ini jatuh ke laut dan menjadi lumba-lumba. 

Dalam pembahasan pelangi ini penulis tidak langsung menjelaskan terjadinya pelangi namun ke  konsep dasarnya dulu yaitu cahaya. Kemudian spektrum dan penjelasan mengenai percobaan Newton hingga gelombang cahaya. Setiap bab selalu seperti itu. Diawali dengan pertanyaan, kemudian mitos dan dilengkapi ilustrasi lalu dijelaskan dari sisi sains. Meskipun daftar isinya sedikit namun pembahasannya sangat spesifik. 


Buku ini saya rekomendasikan untuk siapa saja terutama untuk teman-teman yang tertarik dengan sains. Beberapa bagian yang dibahas adalah terjadinya malam, siang, apa itu matahari, pelangi, apa itu gempa dan masih banyak lagi. Konsep Biologi, Fisika dan Kimia juga dibahas loh dan yang paling seru adalah mitos-mitos yang sebelumnya belum saya ketahui. Mitos-mitos ini banyak diambil dari suku-suku jaman dahulu dan dari berbagai belahan dunia. Jadi, tertarikkah membaca buku ini ?

0 komentar:

Post a Comment