GOALS

Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain


Dokumen pribadi
Halo, selamat datang di blog www.latifakila.my.id, kali ini saya akan mereview salah satu buku karya Dale Carnegie yang berjudul Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain. Salah satu karya beliau yang menjadi buku terlaris sepanjang masa. Buku ini telah diterjemahkan lebih dari 35 bahasa dan terjual lebih dari 15 juta eksempelar. Bahkan saat ini pun masih banyak yang membeli bukunya loh.

Saya sendiri tertarik membeli buku ini setelah melihat daftar buku yang wajib dibaca saat usia 20 tahun (hasil googling), wkwk. Saya kemudian membeli buku ini dan langsung membacanya. Nah, supaya saya tidak lupa dan bisa menambah informasi untuk orang lain tentang buku ini maka saya akan mereviewnya.

So, sebelum masuk ke review Buku Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain, mari kita baca terlebih dulu sinopsis buku ini.

SINOPSIS BUKU

Sepertinya  ini bukan sinopsis tapi hal apa yang kita dapatkan setelah membaca buku ini. Hal ini dituliskan dicover bagian belakang buku yakni sebagai berikut.
Sepuluh yang Anda dapatkan dari buku ini.

  • Mengeluarkan Anda dari kebiasaan mental yang buruk, memberi Anda gagasan baru, visi baru, dan ambisi baru.
  • Membuat Anda mudah dan cepat berkawan
  • Meningkatkan popularitas Anda
  • Meningkatkan pengaruh, prestise, kemampuan Anda untuk menyelesaikan segala sesuatu
  • Memungkinkan Anda memperoleh klien dan pelanggan baru
  • Meningkatkan kemampuan Anda dalam memperoleh penghasilan yang lebih besar
  • Menjadikan Anda wiraniaga, manajer atau eksekutiff yang lebih baik dan lebih menyenangkan
  • Membangkitkan antusiasme di antara rekan usaha


IDENTITAS BUKU

Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain
Penulis: Dale Carnegie
Penerbit: Karisma Inti Ilmu
ISBN: 978-979-583-606-3
Sampul: Soft Cover
Jumlah Halaman: 396

REVIEW BUKU

Buku dengan judul asli How to Win Friends and Influence People ini terdiri dari 4 bagian dengan bagian pertama yaitu Teknik Dasar dalam Menangani Manusia. Bagian kedua, Enam Cara untuk Membuat Orang Lain Menyukai Anda. Bagian ketiga, Bagaimana Memikat Orang Lain agar Mengikuti Cara Berpikir Anda dan yang terakhir adalah Jadilah Pemimpin: Bagaimana Mengubah Orang Lain Tanpa Menyinggung atau Membangkitkan Kemarahan.

Sebelum memasuki bagian pertama nyatanya saya harus melewati Kata Pengantar dan Alasan Buku ini Ditulis dan dilanjut dengan Saran Memanfaatkan Buku ini. Tapi, saya skip hehe. Saya langsung menuju saran memanfaatkan buku ini dan ke bagian pertama.

Nah, saat membaca Saran Memanfaatkan Buku ini, saya langsung tertarik dengan pernyataan Bernard Shaw yaitu “Jika Anda mengajarkan sesuatu kepada seseorang, ia tidak akan pernah belajar”. Well, belajar adalah proses aktif sehingga kita harus melakukannya. Saya rasa ini sebuah peringatan bahwa “just do it”.  Buku ini seperti sudah mewanti-wanti saya sejak awal untuk ‘tidak hanya membaca tapi juga melakukan’.

Meskipun buku terdiri dari 4 bagian tapi tiap bagiannya juga dirinci kembali dengan spesifikasi sesuai tema pada bagian tersebut. Keseluruhan dari buku menurut saya ya sesuai dengan judulnya yaitu Bagaimana Mencari Kawan dan Memengaruhi Orang Lain. Penulis memberikan step by step dan teknik tertentu yang bisa kita lakukan untuk berhubungan dengan orang lain.

Enaknya, di bagian akhir tiap bab juga diberikan ringkasan misalnya pada bagian pertama mengenai ringkasan Teknik Dasar dalam Menangani manusia yaitu jangan mengkritik, mencerca atau mengeluh lalu Berikan penghargaan yang jujur dan tulus kemudian bangkitkan minat dalam diri orang lain.

Selain teknik, penulis juga memberikan cerita nyata pada zamannya yang berhubungan dengan tema. Meskipun saya tidak kenal siapa yang penulis ceritakan tapi hal ini menjadi contoh yang dipapakan penulis. Poin dari buku ini menurut saya “Perlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan”. Well, ada banyak teknik yang bisa kita lakukan untuk bisa disukai orang lain, memengaruhi orang lain dan jika kamu ingin mengetahui teknik itu kamu bisa membaca buku ini. Buku ini bisa menjadi pedoman bagaimana strategi atau teknik dalam melakukan hal tersebut. So, buruan gerak dan baca buku ini, hehe.


2 komentar