GOALS

Berbagai Jenis Mahasiswa Saat Kerja Kelompok



Sudah apa belum?
Kapan ngerjainnya?
Beberapa pertanyaan ini akan sering kamu jumpai sebelum melaksanakan tugas kelompok. Kenapa sih ada tugas kelompok? Ya kalau model tugasnya project memang lebih enak kelompok. Selain itu, agar mempermudah dosen dalam mengoreksi tugas, wkwk.

Dalam dunia perkuliahan sendiri, kita nggak akan lepas dari yang  namanya tugas kelompok. Tak jarang, tugas kelompok kadang menjadi hal yang begitu menantang. Pasalnya kita harus menghadapi orang-orang dengan sifat dan latar  belakang yang berbeda untuk sevisi dengan kita yaitu menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. Kalau hal ini gagal maka kemungkinan yang terjadi adalah nilai kita rendah atau tugas tidak maksimal.

Nah, dalam mengerjakan tugas kelompok pastinya kita akan menemui beberapa jenis mahasiswa.

Mahasiswa Gesit

Mahasiswa jenis ini kalau tugas kelompok selalu mendominasi. Hampir 90% tugas selalu dia yang mengerjakan. Mulai riset, penulisan, semuanya dia kerjakan dan alhasil temannya sekelompok tidak tahu apa isi dari tugasnya. Mahasiswa jenis ini kadang kurang percaya dengan anggota kelompoknya sehingga ingin mengerjakan semuanya sendiri.

Mahasiswa Pasrah

Jenis selanjutnya adalah mahasiswa pasrah. Yap, pasrah sama apa saja yang ia terima alias manut-manut saja. Mahasiswa model seperti ini kadang tidak memberikan pengaruh apa-apa. Mau hadir atau tidak ya biasa saja. Biasanya mahasiswa model ini paling nurut dan tidak akan melawan. Diminta mengerjakan tugas A ya akan mengerjakan, diminta B juga akan mengerjakan. Sayangnya, semua harus diperintah bukan inisiatifnya sendiri.  

Mahasiswa Moody

Mahasiswa jenis ini tergantung dengan suasana hatinya. Apabila goodmood maka tugas akan bagus dan dia juga semangat mengerjakan. Sebaliknya, jika dia badmood maka tugas akan biasa-biasa saja. Biasanya mood ini dipengaruhi beberapa hal seperti tempat ngerjain tugas, waktu ngerjain tugas atau dia ada masalah sendiri. So, ketahui bagaimana moodnya, hehe.

Mahasiswa Penuh Alasan

Jenis selanjutnya adalah mahasiswa penuh alasan. Mahasiswa jenis ini selalu saja punya alasan untuk menghindari tugas kelompok. Mulai rapat organisasi-lah, urusan penting-lah dan ada saja alasannya. Nyebelin juga mahasiswa seperti ini apalagi jika kawan sekelompoknya nggak tega untuk menghapus dia di daftar kelompok. Alhasil namanya dia tetep ada meskipun dia gak berkontribusi apa-apa.

Mahasiswa Siluman

Jenis yang terakhir adalah mahasiswa siluman, wkwk. Kenapa siluman? Ya karena mahasiswa ini doyan ngilang. Dia ada hanya pas awal kelompok dibentuk saja, setelah itu hilang entah keman. Anehnya, saat presentasi dia muncul dan tahu semua materi yang dipresentasikan. Hadeh.

Nah, itulah beberapa jenis mahasiswa saat tugas kelompok. Jenis-jenis ini saya rangkum dari beberapa artikel dan pengalaman saya sendiri, wkwk. So, kalau kalian cenderung ke mahasiswa apa guys?  

6 komentar

  1. Klo aku sih mahasiswa pasrah. Ngikut arahan dosen kerjakan lupakan😂🤣

    ReplyDelete
  2. Aku termasuk mahasiswa suka pasrah tapi ke arah males dan kadang gesit cuma dimata kuliyh yg aku suka,,btw knpa cuma mahasiswa? Request kebiasaan mahasiswi jga mbak biar adil :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti tergantung situasi dan kondisi XD
      Tidak ada alasan khusus kenapa mahasiswa. Well, mahasiswi selalu rajin yak :v

      Delete
  3. Wah iya iya rajin XD, baru kubaca wkwkw

    ReplyDelete