GOALS

Buat Blog Hanya 5 Menit, Nunggu Apalagi?

Source unsplash
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Karena banyak yang nanya bagaimana caranya membuat blog maka saya sampaikan saja di postingan ini. Sebenarnya membuat blog itu mudah sekali dan yang sulit adalah konsisten untuk ngeblog, wkwk (karena saya juga mengalami hal ini).

Blog merupakan suatu platform (seperti website) namun lebih personal dan fleksible. Biasanya blog ini dikelola oleh satu orang dengan beberapa tujuan seperti berbagi pengalaman, tutorial, resep, edukasi atau hal lain.
Btw, membuat blog itu gak mahal dan kita bisa membuat blog gratisan dengan blogger.com. So, bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

Jika kamu sudah memiliki akun google maka kamu bisa langsung membuat blog dengan blogger.com. Akan tetapi apabila kamu belum memiliki akun google maka kamu bisa membuatnya terlebih dahulu. Bagi yang sudah memiliki akun google bisa langsung membuat blog dengan cara berikut.

Pertama, buka blogger.com di browser. Setelah itu masuklah dengan akun google yang telah kamu miliki atau yang telah kamu buat.

Kedua, klik tulisan Buat Blog. Kemudian isilah judul blog dan alamatnya. Judul blog ini bisa bermacam-macam seperti Latifa Journey, Pemuda Indonesia atau judul blog lain dan buatlah semenarik mungkin. Setelah itu alamat blog, alamat blog ini seperti latifajourney.blogspot.com begitu. Lho kok punya saya latifakila.my.id ? Nah, ini beda lagi, my.id itu namanya domain (alamat) tapi beli dulu di penyedia domain. Soal ini nanti dulu, kita belajar buat blog dulu. Setelah itu kita bisa pilih tema. Tema yang disediakan blogger.com ini ada banyak dan kita bisa memilihnya, sesuai kesukaan lalu klik Buat Blog. Jadilah blogg kamuuuu, yeayyyy.

Trus bagaimana posting artikelnya?

Klik dulu judul blog kemudian kita mulai dengan klik Entri Baru lalu tulis artikel di kolom yang besar. Namun biasanya saya tulis artikel dulu di Microsoft Word atau Notepad kemudian saya paste di kolom entri data. Setelah itu, kita bisa klik publikasikan dan yap, artikel kita telah terpublish dan bisa dibaca jutaaan orang di seluruh dunia.

So, mudah kan?
Sebelum membuat blog, kita bisa membuat Judul dan alamat blog agar lebih menarik.  Kalau pertama kalinya, kita bisa menggunakan nama pribadi atau nama pena. Selamat mencoba dan mari menulis :))

0 komentar:

Post a Comment