GOALS

Cara Memotivasi Diri Sendiri: Pain and Pleasure

Source unsplash

Tiba-tiba saya teringat mata kuliah psikologi pendidikan, saat kelompok saya kebagian materi Belajar. Btw, materi belajar ini sudah pernah saya posting di blog. Salah satu faktor yang menghambat belajar seseorang adalah kurangnya motivasi. Nah, motivasi ini terbagi menjadi dua yaitu motivasi internal dan eksternal.

Motivasi internal berasal dari dalam diri kita sendiri, sedangkan motivasi eksternal berasal dari luar diri kita. Contoh dari motivasi eksternal adalah support system. Setiap orang pasti memiliki support sistem seperti pacar, sahabat atau keluarga yang selalu memberikan asupan semangatt seperti ucapan. Selain itu, membaca motivasi, mendengarkan motivator dari Youtube juga bagian dari support system karena berasal dari luar diri kita.

So, bagaimana dengan motivasi dalam diri kita?

Setiap orang pasti punya cara tersendiri tapi kali ini saya akan memberikan beberapa cara memotivasi diri sendiri dengan cara 2 hal yaitu Pain dan Pleasure.

Pertama Pain, pain adalah salah satu cara memotivasi diri sendiri dengan berorientasi pada konsekuensi terburuk atau sakit yang kita terima. Caranya kita bisa membayangkan konsekuensi terburuk jika kita tidak meelakukan hal tersebut. Semakin buruk konsekuensinya maka akan semakin memacu diri kita untuk segera melakukan hal itu. Misalnya, kita bolos kuliah maka motivasi dengan cara pain yang bisa dilakukan adalah dengan membayangkan bagaimana kelak hidup kita 10 tahun kemudian, bagaimana pekerjaan kita, bagaimana kita menghidupi anak dan istri kita dan jika anak kita nanya “Ini rumusnya apa buk?”, “ini jawabannya apa pak?” (eeehh, kejauhan wkwk). Pokoknya begitu ya, sedramatis mungkin.

Kedua Pleasure, pleasure adalah cara memotivasi diri sendiri dengan berorientasi pada kesenangan. Caranya saat kita melakukan suatu hal maka kita membayangkan kesenangan atau kebahagiaan yang kita dapatkan jika berhasil melakukan hal tersebut. Misalnya saat kita kuliah dengan tugas yang banyak maka kita bisa memotivasi diri dengan menggunakan cara pleasure. Kita bisa membuat skenario film dalam pikiran kita. Jika saya segera lulus maka saya segera melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi atau saya segera membangun bisnis lalu menjadi orang yang sukses. Jika saya sukses maka saya bisa membantu lebih banyak orang. Saya bisa menjadi orang yang lebih bermanfaat bagi orang lain.  Saya juga bisa membeli apapun yang saya inginkan tanpa melihat harga. (Umpamaneeee, wkwk)

So, itulah dua cara yang bisa kita lakukan jika ingin memotivasi diri sendiri. Kalau kamu biasanya menggunakan pain atau pleasure ?

Inspiration: @peterparos

0 komentar:

Post a Comment