GOALS

Karakteristik Mahasiswa IPA




Sebuah Quiz secara tidak sengaja saya temukan saat berselancar di google dan saya pun mencoba kuis itu. Kuis ini akan menebak sebenarnya kita cocok jadi anak IPA atau IPS. Kalau kamu merasa salah jurusan atau sedang mempertimbangkan memilih jurusan ya boleh nyoba kuis ini. Saya sendiri salah satu mahasiswa IPA dan  saya pernah berpikir apa saya salah jurusan. So, inilah hasil kuis yang telah saya kerjakan.

Hasil quiz 

Yap, berdasarkan hasil kuis yang saya kerjakan ternyata saya memang anak IPA sedjati, wkwkw. Saya kasih bocoran sedikitlah mengenai kuis. Jadi ada sekitar 5 pertanyaan yang mesti kita jawab. Tiap pertanyaan ada 4 opsi dan topik pertanyaan mengenai kegiatan, hobi dan skill. Jawablah sesuai hati nurani (eaak). So, kalau kamu pengen nyoba bisa klik disini. Jangan lupa klik mulai Quiz

Bicara soal jurusan IPA atau IPS memang tidak ada habisnya dan di kampus saya sendiri ada dua jurusan ini dengan nama Tadris IPA dan Tadris IPS yang berada di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan atau FATIK (kalau di PTN, FKIP). Kedua jurusan ini memiliki karakteristik tertentu tapi kali ini saya akan sedikit mengulas yang Tadris IPA. Hal ini berdasakan analisa dan pengamatan saya sebagai salah satu mahasiswa Tadris IPA, wkwk. Nah, berikut karakteristik mahasiswa Tadris IPA.

Memiliki Sifat Perfeksionis

Karakteristik yang pertama adalah perfeksionis. Kenapa saya bilang perfeksionis ya karena hampir semua mahasiswanya seperti itu (termasuk saya, wkwk). Misalnya nih kalau ada kesalahan sedikit saja pasti bingung sendiri, bahkan jika kurang titik dan koma pada penulisan, wkkw.

Memakai Tas Ransel

Kedua adalah memakai tas ransel. Dari sekian banyaknya populasi mahasiswa Tadris IPA ya mayoritas saat kuliah memakai tas ransel. Di kelas saya sendiri berisi 30 mahasiswa hampir 90% mahasiswanya memakai tas ransel. Berbeda dengan jurusan lain, ada yang pakai tote bag, sling bag atau bahkan waist bag, wkwk. Tapi ya ada juga kok mahasiswa IPA yang pakai tas selain ransel, cuman ya sedikit dan bisa dihitung, hiks.

Selalu Disiplin

Karakteristik yang ketiga adalah disiplin. Mahasiswa IPA memang disiplin banget terutama saat masuk kuliah. Jarang banget ada mahasiswa yang bolos, malahan sebelum kuliah banyak yang nanya di grup “Besok kuliah apa nggak?”, “Besok masuk jam berapa?”, “Besok ada PR apa nggak?”, huehehe. Boro-boro bolos kuliah, bahkan jatah ‘tidak masuk’ juga jarang digunakan. Mantap-lah.

Pakaian Elegan

Karakteristik terakhir adalah menggunakan pakaian elegan. Elegan dalam artian rapi dan anggun, wkwk. Meskipun di kampus membebaskan mahasiswanya berpakaian bebas tapi mahasiswa IPA ya  gak neko-neko. Biasanya mahasiswa IPA menggunakan pakaian batik atau kemeja dengan sepatu sport atau flat shoes (cewek). Nah, buat jilbabnya ini juga nggak aneh-aneh, lebih sering jilbab biasa karena ya bakal ribet juga kalau aktivitas di laboratorium.

Itulah beberapa karakteristik mahasiswa IPA berdasarkan hasil pengamatan saya. Apabila kamu punya hasil pengamatan sendiri bisa ditambahkan di kolom komentar ya, hehe. 

6 komentar