GOALS

Kenali 3 Tipe Kepribadian Manusia



Introvert itu apaan sih?
Mungkin kamu pernah mendengar seseorang yang mengatakan bahwa dirinya introvert atau malah ekstrovert. Biasanya hal ini berkaitan dengan sikap yang tercermin dari diri orang tersebut. Tapiiii, ada satu lo lagi lho yaitu Ambivert. Beberapa orang belum mengenal yang satu ini.

Introvert, Ekstrovert dan Ambivert ini merupakan tipe kepribadian yang dikenalkan oleh psikolog asal Swiss yaitu Carl Gustav Jung. Nah, beliau ini juga mengatakan kalau tolok ukur untuk menganalisa psikologi seseorang dapat dilakukan dengan mengetahui sifat (introvert, ambivert atau ekstrovert) individu tersebut.

Nah, sebenarnya bagaimana sih karakteristik 3 tipe kepribadian ini, berikut penjelasannya

Introvert

Tipe kepribadian yang pertama adalah introvert. Introvert merupakan salah satu kepribadian yang berorientasi pada dunia manusia itu sendiri sehingga biasanya akan lebih menutup diri. Seseorang dengan tipe kepribadian introvert biasanyaa cenderung memiliki circle pertemanan yang sedikit. Mereka lebih senang bekerja sendirian daripada berkelompok dan hanya berbicara seperlunya. Mereka juga lebih senang mengamati dan berada di tempat yang tenang. Ciri-cirinya seseorang dengan kepribadian introvert adalah cenderung pemalu, lebih senang menulis daripada bercerita, pendiam dan pemikir.   

Ekstrovert

Tipe kepribadian yang kedua adalah ekstrovert. Ekstrovert merupakan tipe kerpibadian yang berorientasi diluar manusia sehingga cenderung membuka diri. Mereka biasanya lebih senang beraktivitas atau action dan menyukai keramaian.  Ciri-ciri orang yang memiliki kepribadian ekstrovert adalah aktif, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, senang bergaul, senang bercerita dan lebih suka kerja secara tim.

Ambivert

Nah, tipe kepribadian yang ketiga adalah ambivert. Tipe kepribadian saya, hehe. Tipe kepribadian ambivert merupakan tipe kepribadian campuran antara introvert dan ekstrovert. Mereka yang memiliki kepribadian ini terkadang jadi introvert dan kadang juga ekstrovert. Bisa di bilang moody alias mood swing wkwk. Mereka yang ambivert biasanya moodnya berubah-ubah karena memiliki 2 kepribadian itu tadi. Tetapi mereka yang ambivert juga gampang bergaul dengan siapa saja termasuk ke introvert ataupun ekstrovert.
Trus apa pentingnya mengenali tipe kepribadian ini ?
Sebenarnya tiga kepribadian ini salah satu cara agar kita mengetahui self-charging. Ketika kita down maka kita bisa memilih bagaiman cara kita untuk kembali bangkit dan semangat kembali. Nah, caranya dengan mengetahui dulu kepribadian kita itu apa. Misalnya saya, saya seorang ambivert, Apakah saya pernah down? Oh, pernah dong wkwk. Biasanya kalau saya down, saya meluangkan waktu untuk me-time. Kadang saya ke suatu tempat, bawa buku atau kertas kosong, polpen dan yaudah me time disitu. Weh, baru saya ceritakan di blog ini dan ke someone, wkwk. Selain itu, kadang saya juga main ke suatu tempat bareng temen-temen saya. Ya dua hal ini bisa jadi self charging saya. So, penting banget kita mengetahui kepribadian kita itu apa. Kalau kamu sendiri kepribadiannya apa? Ceritakan di kolom komentar ya.

2 komentar