GOALS

Konspirasi Ditengah Pandemi

Source Media Amazon
"Karena sampai sekarang ini gue masih percaya kalau bumi datar. Simple, karena gue belum pernah lihat bentuk bumi. Gue akan percaya bentuk bumi apapun bentuknya kalau gue ke bulan," jawab Young Lex.


Pernyataan Young Lex di podcast Dedy Corbuzier yang saya lihat di Youtube beberapa waktu lalu. Ditengah pandemi covid-19 ini ternyata banyak sekali yang mengaitkannya dengan teori konspirasi. Salah satunya ya youtuber yang biasa menyapa penontonnya dengan sebutan “Smart People” x Young Lex.


Saya sendiri menyukai konten-konten podcast Corbuzier namun biasanya saya pilih topik kesukaan saya atau saya lihat dulu narasumbernya. Tapi kali ini saya cukup ‘greget’’ karena beberapa teman saya membuat story mengenai video ini. Alhasil saya coba tonton dulu video yang berjudul Corona Hanya Sebuah Kebohongan Konspirasi!? ini.


Setelah saya melihat ternyata banyak juga masyarakat yang menyukai teori konspirasi. Hal ini bisa dilihat dari video Dedy Corbuzier yang ditonton lebih dari 3 juta pengguna Youtube dan 3 ribu lebih komentar. Komentarnya pun bermacam-macam dan yang pasti ada pro dan kontra. Namun bagi saya, saat ini rasanya tidak pas jika membicarakan teori konspirasi mengenai covid-19. Di luar sana banyak tenaga medis yang berjuang dan apabila banyak orang yang mempercayai teori ini yang saya khawatirkan adalah mengikisnya rasa empati dan mereka tidak lagi memproteksi diri seperti tidak menggunakan masker dan tidak menerapkan physical distancing. Realitanya covid-19 itu memang nyata dan saat ini korban kematian akibat covid-19 telah menembus 183.336 korban jiwa (liputan6.com). 


Joseph Parent, Profesor Ilmu Politik di Notre Dame University menyatakan bahwa teori konspirasi bisa seperti obat emosional, kita enggan menyalahkan diri sendiri atas hal yang mungkin merugikan kita sehingga kita menyalahkan kekuatan yang tak terlihat. Selain itu, dilansir New York Times, virus corona sendiri memunculkan banyak teori konspirasi, disinformasi dan propaganda. So, kita sekarang bukan hanya melawan virus covid-19 tapi juga misinformasi covid-19. 


Terkadang teori konspirasi memang masuk akal dan mudah dipahami. Hal inilah yang membuat sebagian orang tertarik dan bahkan percaya dengan sebuah teori. Lantas, apakah teori konspirasi itu benar? Menurut saya bisa benar dan bisa saja salah. Ya memang hanya sebuah teori lhoo. Namun hal yang salah adalah ketika kita menerima informasi mentah-mentah, tidak menganalisanya dan langsung diterima begitu saja.


So, sudah semestinya kita menyaring informasi apapun yang masuk dalam diri kita. Caranya dengan kita cari tahu dulu sumber informasi tersebut (valid atau tidak), apakah informasi tersebut mengandung unsur politik dan apakah cara penulisannya berasal dari orang yang memang ahli dibidangnya. Intinya, kita mesti skeptis dan mengutamakan berfikir analitis dibandingkan intuisi (perasaan).


“Saring sebelum Sharing”


1 komentar

  1. Covid-19 hanya lah permainan dari orang cina utk mengurangi penghuni bumi

    ReplyDelete