GOALS

Nge-Podcast




“Podcast itu apa lo fa?”
Sebuah pertanyaan dari kawan saya waktu kita lagi asik makan. Yap, makan bakso favorit kami setelah kuliah selesai. Kalian pasti tahu kalau sekampus dengan saya, haha. Duh, saya jadi kangen bakso ini. Fyi, warung bakso ini ramai terus dan harganya juga terjangkau jadi banyak mahasiswa yang makan bakso disini. Btw, beberapa mingguu lalu saya lihat warungnya dibongkar, sepertinya akan diperbaiki. Ayo coba tebak, wkwk.

Kembali ke podcast.

Saya mengenal podcast tepatnya setahun lalu dan pengen banget buat podcast tapiiiiii. Tapiiiii, ada kata tapinya. Saya belum tahu bagaimana caranya dan saat itu yang saya pikirkan adalah audio dalam foto itu (apalah namanya) dan akhirnya saya sudahi. Saya stag disitu dan saya belum bisa, wkwk.

Oiya, podcast itu mudahnya sebuah konten dalam bentuk audio dan bisa kita play dimana saja dan kapan saja. Podcast biasanya memiliki topik-topik khusus seperti pendidikan, psikologi, komedi dan masih banyak lagi. Bisa kamu cek di spotify atau google podcast atau platform lain, hehe.

Singkat cerita, awal April saya mencoba membuat podcast dengan menggunakan aplikasi Anchor. Yap, aplikasi yang saya temukan setelah berselancar di google. Saya cari tahu dulu cara kerjanya gimana dan apa saja fitur yang digunakan. Finally, saya punya podcast dong.

Podcast pertama saya namanya MODA Podcast, iseng aja sih sebenarnya mau belajar buat. Lewat aplikasi Anchor ini saya mulai buat podcast, rekaman, dan edit audio. Its, so simple and free, wkwk.

Pertama yang mesti kita lakukan saat membuat podcast adalah download aplikasi Anchor di playstore, kemudian login via akun google. Setelah itu kita bisa langsung rekaman deh. Nah, setelah rekaman, kita bisa memberikan instrumen intro dan menerbitkan audio kita. Eits, jangan lupa memberikan judul dan deskripsi pada podcast. Anchor sendiri memiliki banyak fitur yang keren. Salah satunya distribusi podcast sehingga podcast kita bisa didengarka di platform lain seperti spotify, google podcast, apple podcast dan masih banyak lagi. Selamat mencoba :)

Oiya, kalau mau tahu podcast terbaru saya ada disini



4 komentar