GOALS

Peran Hormon Ketika Jatuh Cinta


 “Jatuh cinta oh berjuta rasanya”

Begitulah salah satu lirik lagu “Sejuta Rasanya” yang dipopulerkan oleh girlband bernama Blink. Lagu ini berisi euforia jatuh cinta yang katanya berjuta-jutaa rasanya itu lho, uwuw. Bicara soal cinta memang tidak ada habisnya, sampai-sampai ada istilah “Bucin” atau budak cinta. Bucin merupakan istilah untuk seseorang yang menomorsatukan cinta diatas segalanya.

Btw, pernah nggak sih kalian jatuh cinta? Trus gimana rasanya?

Duh, gini banget ya pertanyaannya. Siapa sih yang gak pernah jatuh cinta dan pastilah rasanya bahagia sangat. Apakah saya pernah jatuh cinta? Oh ya pernah dong. Saya jatuh cinta dengan seseorang dan dia juga jatuh cinta dengan saya. Tapi dulu, haha. Sekarang  mungkin dia baca tulisan ini :D

Cukup. Kita balik ke jatuh cinta. Jatuh cinta adalah proses biologis dan dipengaruhi oleh hormon. Hormon-hormon ini ada bermacam-macam seperti dopamin, serotonin, oksitosin dan masih banyak lagi. Tapi kali ini kita bahas 3 saja.

Nah, berikut tiga hormon yang memberikan efek tertentu bagi diri kita saat sedang jatuh cinta alias kasmaran (eaakk).

Pertama, hormon dopamin. Hormon ini memiliki peran dalam aspek “keinginan dan kesenangan”. Dopamin akan dilepas setelah kita melakukan hal yang menyenangkan bersama doi. Misalnya travelling bareng, makan bareng atau apa saja penting menghabiskan waktu bersama. So, hormon ini kemudian membuat kita euforia dan bahkan kehilangan selera makan dan susah tidorrrr saking senengnya, hehe.

Kedua, hormon serotonin. Hormon ini berkaitan dengan obsesi dan gelisah. Misalnya kita akan terbayang-bayang dengan orang yang kita cintai. Mau makan, tidur, nugas ya kita terbayang-bayang terus. Tak jarang terkadang kita kurang konsentrasi. Well, apakah ini latar belakang mengapa banyak orang minta putus menjelang UN dengan alasan fokus belajar ?, wkwk.

Ketiga, hormon oksitosin. Hormon ini membuat diri kita memiliki rasa nyaman dan emosi yang kuat dengan doi. Oleh sebab itu, beberapa orang selalu ingin memberikan yang terbaik untuk orang yang dicintainya. Nyaman cah, nyaman :v


Nah, itulah beberapa hormon yang terlibat saat kita jatuh cinta. Sebenarnya masih ada hormon lain tapi next time saja, hehe

5 komentar

  1. Ku kira critanya bucin ya admin😊

    ReplyDelete
  2. "...Saya jatuh cinta dengan seseorang dan dia juga jatuh cinta dengan saya. Tapi dulu, haha..." Ceritanya mengenang mantan atau apa ini🤭 btw menurut saya Bercinta memang seru ya hehe, tapi lebih seru lagi kalau bisa bertahan dan sampai menikah lalu menua bersama.

    Smangat mbak nulisnya, artikelnya keren😊

    ReplyDelete