GOALS

Perbedaan Artikel, Jurnal, Prosiding, Manuskrip dan Konferensi


“Jangan lupa tugasnya besok review jurnal”
“Ok gaes!!!”
Saat berada di dunia akademik, kita pasi sering mendengar istilah seperti artikel, jurnal, skripsi, disertasi penelitian dan hal lainnya. Namun terkadang kita salah menempatkan penggunaan istilah tersebut seperti jurnal disebut artikel, artikel disebut prosiding. Loh, memangnya bedanya apaan? 

Berikut penjelasan singkat mengenai perbedaannya,

Manuskrip
Manuskrip merupakan suatu karya tulis ilmiah (misal artikel) yang masih dalam tahap review di sebuah Jurnal. Intinya, manuskrip ini masih belum terbit di Jurnal.

Artikel/Paper
Artikel atau paper merupakan karya tulis ilmiah yang telah diterima dan diterbitkan dalam sebuah Jurnal atau Prosiding. Nah, biasanya inilah tugas yang diberikan dosen yaitu mereview atau menganalisis artikel (dalam sebuah jurnal pastiinya, hehe). Kadang kita sering salah sebut ya. Seringnya bilang “review jurnal”, hehe.

Jurnal
Jurnal merupakan kumpulan dari artikel yang telah diterbitkan dalam periode waktu tertentu. Biasanya Jurnal diterbitkan 3 bulan sekali, 6 bulan sekali dan bahkan ada yang 1 bulan sekali. Misalnya, Jurnal Pendidikan, Jurnal Psikologi dan masih banyakk lagi.

Konferensi/Seminar
Konferensi atau seminar merupakan wadah bertemunya para peneliti maupun akademisi untuk menyampaikan penelitiannya yang tengah berlangsung dengan tujuan untuk mendapatkan masukan dari peneliti lain. Btw, manuskrip yang disampaikan pada konferensi atau seminar ini sebelumnya juga melalui proses review. Biasanya konferensi atau seminar ini dilakukan dalam skala nasional maupun internasional.

Prosiding
Prosiding merupakan kumpulan dari manuskrip yang telah lolos dalam review konferensi/seminar dan telah diseminarkan. Manuskri-manuskrip yang telah terbit dari prosiding ini biasanya disebut Artikel Prosiding.

Trus, apa bedanya Jurnal dan Artikel Prosiding?
Jurnal dan Artikel Prosiding sama-sama telah dipublish akan tetapi yang membedakan adalah kualitas artikel. Artikel pada prosiding merupakan penelitian yang masih berjalan sehingga belum memperoleh hasil, dengan kata lain belum teruji dan hanya hipotesis penulis. Sedangkan Jurnal telah dilaksanakan dan mendapatkan hasil.


Nah, demikian tadi penjelasan singkatnya. Informasi lebih lanjut bisa mengunjungi sumber yang tertera. Terima kasih sudah membaca.

2 komentar