GOALS

Review Artikel #1 Infeksi Covid-19



Halo teman-teman, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga sehat selalu dan tetap #dirumah aja ya. Oiya, kali ini saya akan mereview artikel ilmiah mengenai covid-19. Yap, covid-19 yang telah menyebar lebih dari 200 negara di dunia hingga WHO menetapkan covid-19 sebagai pandemi. Btw, kasus terbanyak infeksi covid-19 saat ini adalah Amerika Serikat dengan total positif 533.115 dan korban meninggal mencapai 20.580 orang. Melansir New York Times (10/4/2020) virus corona telah menjadi penyebab utama kematian di AS dengan 1.970 kematian per hari. Demikian sedikit informasi sebagai pengantar dan berikut review artikelnya.

Judul Artikel: Coronavirus Infections - More Than Just the Common Cold
Penulis : Catharine I. Paules, Hilary D. Marston, and Anthony S. Fauci (2020)
Artikel ini memaparkan mengenai Human Coronavirus (hCov) yang pernah dianggap tidak begitu penting namun di Abad 21 ini hCov malah sangat patogenik. Selain menjelaskan mengenai penyebaran hCov, artikel ini juga memaparkan gejala-gejala yang dialami individu yang terpapar virus. Misalnya pada SARS, individu yang terkena virus ini gejala umumnya mengalami demam, batuk dan bahkan diare. Selain SARS, juga ada virus MERS yang penularannya bisa melalui perantara hewan (unta). Berdasarkan data WHO MERS-CoV telah menyebabkan total 2.494 kasus dan 858 kematian yang mayoritas di Arab Saudi. Meskipun demikian, wabah ini tidak menyebabkan kepanikan internasional. Lantas bagaimana dengan covid-19 ?

Bentar-bentar, hehe

Melihat ancaman hCov yang semakin meningkat maka pada tahun 2017 WHO memprioritaskan SARS dan MERS dalam melakukan penelitian dan penanggulangi Cov ini. Nah, pada akhir Desember 2019, muncullah keluarga dari hCov ini di Wuhan, China yang kita kenal sebagai Covid-19. Meninjau dari pengalaman sebelumnya (SARS dan MERS) dengan sigap pemerintah China langsung melakukan penutupan dan pemberian desinfektan di pasar Wuhan. Selain itu beberapa negara lain seperti Amerika, Thailand dan Korea Selatan juga mulai mengidentifikasi perjalanan, melakukan isolasi diri dan  para pakar biomedis pun gencar menemukan vaksin dari virus ini.

Nah, sekian dulu review artikel ilmiahnya. Informasi selengkapnya bisa kamu dapatkan dengan mendownload artikelnya disini. Terima kasih dan nantikan review artikel selanjutnya.

2 komentar