GOALS

Sebuah Trik Psikologi



“Bangun jam 3 pagi”
Salah satu trik psikologi yang kadang saya gunakan adalah pernyataan tersebut sebelum tidur. Saya sudah mencobanya beberapa kali dan ternyata berhasil. Kawan saya, Anji juga mencobanya (Halo Anji :v). Caranya, ucapkan pada diri sendiri “Bangun jam 2/3/4” trus langsung tidur. Trik ini bisa kamu coba terutama saat Bulan Ramadhan nanti, hehe.

Trik psikologi sendiri ada banyak sekali tapi kali ini saya hanya akan membagikan beberapa saja. Nah, berikut trik-triknya.

  • Jika kamu berada diantara orang-orang yang baru maka mintalah mereka untuk menjelaskan sesuatu pada kamu. Entah kamu sudah tahu jawabannya atau belum tapi tetap tanyakan saja. Hal ini membuat orang lain mengenal kamu. Saya pernah mencoba trik ini dan berhasil. Saya punya teman dan kita akrab meskipun baru kenal XD.

  • Jika kamu ingin meminta bantuan maka jangan memulainya dengan kata “Bisakah”. Misal, “Bisakah kamu mengambil buku itu?”. Hal ini terkesan teoritis tapi mulailah dengan kata “Tolong”. Misalkan, “Tolong ambilkan buku itu!”. Jika seperti ini maka orang akan segera melaksanakan. Trik ini juga pernah saya coba dan sepertinya mayoritas sudah mencoba trik ini.

  • Efek domino sosial. Jika kamu seorang leader  dan bertanggungjawab agar semua tim mengikuti semua arahan kamu maka buatlah seakan-akan semua orang telah melakukannya (meskipun tidak/belum ada yang melakukannya). Hal ini yang menyebabkan tekanan teman sebaya yang tidak nyata. Saya sendiri sering menerapkan efek domino sosial ini, terutama saat ada rapat atau pengumpulan tugas, wkwk.

  • Jika kamu merasa ada yang memperhatikan saat di tempat umum maka cobalah menguap dan lihatlah sekitarmu. Jika ada orang lain yang memperhatikanmu maka ia akan ikut menguap karena menguap itu menular. Trik ini juga pernah saya coba tapi yang menguap kok banyak, wkwk.

  • Jika kamu ingin mengetahui informasi sebanyak mungkin dari seseorang saat melakukan percakapan maka biarkan mereka terus berbicara. Kamu cukup mengangguk dan berikan perhatian penuh atas apa yang ia utarakan. 



Nah, inilah beberapa trik psikologi yang saya rangkum dari beberapa artikel dan reerensi dari quora. Trik-trik ini bisa kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari, hehe. Oiya, sebagai penutup untuk trik psikologi yang terakhir adalah...

"Jika kamu merasa dekat dengan seseorang maka kamu bisa mendengar suara mereka di kepalamu ketika kamu membaca tulisan atau chat dari mereka"

2 komentar