GOALS

Wanita Muda di Sebuah Hotel Mewah: Ironi Kehidupan


Buku Wanita Muda di Sebuah Hotel Mewah karya Hamsad Rangkuti

Sebuah buku yang saya beli saat event Pameran Buku di Ponorogo. Ceritanya mau lihat doang sama teman saya Anji tapi ya begitulah. Kami keluar pameran dengan membawa 2 buku, wkwk.

Buku yang saya beli ini berjudul Wanita Muda di Sebuah Hotel Mewah karya Hamsad Rangkuti. Dilihat dari judul dan covernya saja mungkin kita sudah bisa menebak apa isi buku ini tapi tunggu. Bukan itu, isi dari buku ini nantinya akan saya review. So, sebelum saya review mari kita ketahui dulu sinopsis dan identitas bukunya.

SINOPSIS BUKU

Well, ternyata sinopsisnya tidak ada. Bagian cover belakang buku ini berupa endorsement pembacanya yang meliputi Sapardi Djoko Damono, Seno Gumira Ajidarma, F. Rahardi dan Efix Mulyadi. Saya lanjut ke identitas buku saja, hehe.

IDENTITAS BUKU

Judul Buku: Wanita Muda di Sebuah Hotel Mewah
Penulis: Hamsad Rangkuti
Penerbit: Senja
Tahun Terbit: 2016
Jumlah Halaman: 224

REVIEW BUKU

Kalau kata orang “Jangan melihat buku dari sampulnya” tapi ya memang sampul itu menjadi hal pertama yang dilihat lo, hehe. Saya sendiri kepincut buku ini setelah melihat kata pengantar dari buku ini oleh “Sapardi Djoko Damono”, sepertinya memang bukan sembarang buku.

Cover dari buku ini menurut saya juga unik. Gambarnya boneka kayu yang entah laki-laki atau perempuan dengan membawa tas dan rokok. Buku karya Hamsad Rangkuti ini berisi kumpulan cerpen yang menguras emosi. Saya bingung harus sedih atau senang, harus tertawa atau miris. Salah satu judul cerpennya adalah “Wanita Muda di Sebuah Hotel Mewah” yang juga menjadi judul dari buku ini. Cerpen ini menurut saya cukup berani dengan mengunggulkan aspek kebobrokan moralitas (& spiritualitas). Inilah kutipan yang saya ambil dari cerpen ini.

Siapa ya tidak menjual dirinya saat ini Ibu? Semua orang telah menjual dirinya. Karena semua orang mau menjadi pembeli.”
Menceritakan gadis remaja yang akan menjual dirinya. Gadis ini pergi ke sebuah hotel mewah kemudian meminta pelayan hotel untuk menawarkan dirinya pada siapapun yang memberikan penawaran dengan harga paling tinggi. Kelanjutannya baca bukunya ya, hehe.

Penulis dalam cerpennya berorientasi pada sebuah peristiwa dengan dialog yang pada akhir ceritanya penuh kejutan. Keseluruhan dari cerpen dalam buku ini menurut saya menarik dan peristiwa yang terjadi sering kali kita temui saat ini. Beberapa judul cerpennya adalah Sampah Bulan Desember, Kalah, Karjan dan Kambingnya dan masih banyak lagi.

So, tunggu apalagi? Yuk, baca bukunya :))

0 komentar:

Post a Comment