GOALS

Gaji Pertama Jadi Content Writer Ternyata Segini



Sedikit pengalaman saya menjadi Content Writer akan saya bagikan disini. Profesi ini awalnya saya coba saat saya semester 5 lebih tepatnya bulan Juli 2019. Akan tetapi 3 bulan kemudian saya memutuskan untuk resign dan saya coba eksplore hal lain. 

Baca juga Pertama Kali Jadi Content Writer

So, kalian pernah gak denger istilah Content Writer?

Buat kalian yang belum tahu, Content Writer adalah penulis yang memproduksi konten-konten untuk mengisi website suatu perusahaan. Biasanya perusahaan ngasih job lalu Content Writer yang mengerjakan job itu. Content Writer ini berkumpul di Jasa Penulisan yang sering juga disebut Freelance Writer atau penulis lepas.

Awal saya menjadi Content Writer saya niati buat belajar menulis artikel dan ternyata ini menghasilkan uang. Mengawalinya memang tidak mudah, saya sendiri kesulitan dalam membuat artikel. Tapi, lama-lama saya ya belajar entah bagaimana hasilnya wkwk.

Eh, setidaknya saya juga merasakan hasil kerja saya dari menulis. Fee pertama saya jadi Content Writer sekitar Rp. 400,000. Eh, ini banyak gak sih? Wkwk. 

Fee ini tergantung dari banyak sedikitnya artikel yang kita kerjakan. Kalau sehari bisa sampai 25 artikel dan 1 artikel misalnya Rp 20.000 ya bisa dikalikan sendiri ya guysss XD (Rp 500.000/hari). Ini kalau kita bisa mencapai target tapi ya jangan ngoyo lah, kita juga manusia XD.

Oiya, tiap artikel ada ketentuan jumlah kata, semakin banyak jumlah kata maka semakin tinggi fee tiap artikelnya.

Btw, sejak jadi Content Writer saya sering di kamar, ngetik, browsing dan jarang keluar rumah. Tetangga juga pada nanyain saya kok sekarang jarang keluar ya padahal saya kerja guys, wkwk. 

Saya kadang bingung jelasinnnya gimana, apalagi ke orang tua saya. Intinya saya kerja nulis dan itu dibayar. Udah XD.

Di depan laptop dan kadang ngalamin writer block udah jadi hal yang biasa dan kadang saya pusing sendiri. Parahnya minus saya tambah, huhu.

Saya coba pikirkan lagi, yang jelas jadi Content Writer harus siap dengan deadline dari artikel-artikel yang harus kita tulis. Meskipun kita bisa mengerjakan kapan saja tapi ya harus konsisten dan komitmen untuk menyelesaikannya. Kalau ditunda-tunda ya bisa dinilai nggak profesional gitu XD.

Sejauh ini saya sebenarnya masih ingin menjadi Content Writer tapi saya pikirkan lagi deh wkwk. Disisi lain saya ingin ekplore hal lain tapi disisi lain ini profesi yang menjanjikan kalau bener-bener ditekunin XD.

So, apa kalian berminat juga jadi Content Writer ?

Kalian bisa apply di beberapa jasa penulisan konten seperti SaungWriter, atau cari di situs freelance seperti freelance, fiverr, dll. Selamat mencoba :)

0 komentar:

Post a Comment