GOALS

Inilah 3 Gaya Kepemimpinan yang Perlu Kamu Ketahui

Ilustrasi pemimpin

“Ngerjainnya kapan?”

“Di rumah siapa?”

“Jam berapa?”

Pasti kamu pernah menemui pertanyaan ini terutama saat tugas kelompok dan biasanya akan melahirkan 3 jawaban berikut ini.

Pertama, “Saya ngikut suara terbanyak”

Kedua, “Bagaimana jika di rumah saya jam 8 pagi?”

Ketiga, “Di rumah saya saja jam 1 siang”

Tipe-tipe orang seperti ini pasti akan kamu temui dalam sebuah forum dan tentunya kita sebaiknya menyikapinya dengan tepat. Berdasarkan jawaban ini kita sebenarnya bisa menganalisa bagaimana gaya kepemimpinan orang tersebut.

Oiya, jika ada tugas kelompok lebih baik memilih satu orang untuk menjadi pemimpin. Ini penting karena antisipasi adanya Bystander Effect. Setidaknya jika ada satu yang bertanggungjawab maka akan mempersiapkan diri jika terjadi suatu hal yang mendadak, seperti presentasi atau review mengenai tugas tersebut.


Kepemimpinan

Banyak yang mengartikan bahwa bahwa pemimpin itu orang yang berkuasa, orang yang punya jabatan dan orang yang punya wewenang khusus namun sebenarnya arti pemimpin sangatlah luas.

Kepemimpinan merupakan suatu proses dimana seseorang mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Misalya seperti pemimpin sebuah organisasi.


Tipe-Tipe Gaya Kepemimpinan

Setiap orang memiliki latar belakang dan karakteristik yang berbeda sehingga gaya kepemimpinan pun juga berbeda. Pada umumnya gaya kepemimpinan terbagi menjadi 3 yaitu sebagai berikut.

Tipe Otoriter, tipe pemimpin yang seperti ini lebih berorientasi untuk mengambil keputusan sesuai keinginannya sendiri tanpa melibatkan orang lain.

Tipe Demokratis, tipe pemimpin yang seperti ini berorintasi dengan melibatkan tim dalam mengambil keputusan dan memberikan kebebasan tim untuk memberikn ide dalam membuat kebijakan.

Tipe Bebas, tipe kepemimpinan yang seperti ini cenderung memberikan kebebasan tim untuk mengambil keputuan dan kebijakan sehingga pemimpin hanya sedikit terlibat.

Fungsi Pemimpin

Kenapa sih harus ada pemimpin?

Pemimpin ada untuk mengatur, membina  orang-orang yang dipimpin untuk mencapai tujuan bersama. Menjadi pemimpin memang tidaklah mudah karena harus memiliki keberanian, integritas, mentalitas dan wawasan yang luas.

Nah, balik ke analisa ketiga jawaban itu tadi, kita bisa menganalisa bagaimana gaya kepemimpinan seseroang dari jawaban yang ia berikan. Jadi, gaya kepemimpinanmu kira-kira yang mana nih ?  

Referensi:


0 komentar:

Post a Comment