GOALS

Kuliah Semester 1 di Tadris IPA IAIN Ponorogo



“Jadwalnya apa nih?”

“Kelasnya dimana ya?”

Wah, semester 1 memang masa semangat-semangatnya kuliah dan gak sabar banget buat ngerasain gimana rasanya kuliah. Asiknya saya juga punya banyak teman baru, sekelas saya sekitar 30 mahasiswa dan berasal dari berbagai daerah.

Kami pun saling kenalan, ngehafalin namanya dan tentunya kita juga adaptasi sama perkuliahan dan kehidupan di kampus. Seperti di film-film gak yaa? Ahahaha

Sebelum lanjut baca tulisan ini saya mau ngasih tahu kalau saya tidak lagi di semester satu. Saat tulisan ini diterbitkan saya sudah semester 7 (2020).

Tulisan ini saya buat untuk menginformasikan dan memberikan gambaran mengenai mata kuliah apa saja yang akan kita pelajari di Jurusan “Tadris IPA” . Tadris IPA ini sama dengan Pendidikan IPA atau Sains. Btw, tiap perguruan tinggi biasanya mata kuliahnya tidak sama dengan kampus saya (IAIN Ponorogo) tapi secara umum mirip kok, hehe.

Oiya, di kampus saya untuk mata kuliahnya sudah dalam bentuk paket jadi kita tidak bisa memilih mata kuliah tertentu. Tapi, saat semester 6 nanti bakal ada peminatan jadi kita bisa memilih peminatan apa, fisika, biologi atau kimia gitu.

So, mari kita bahas mata kuliah Tadris IPA yang saya pelajari saat semester 1.

Studi Alquran

Karena kampus saya PTKIN jadi ada mata kuliah keagamaannya gitu guys. Apalagi di semester awal itu banyak banget, hehe. Buat yang dari MA atau MAN mungkin sudah kenal tapi untuk yang dari SMA atau SMK ya ada yang belum kenal. Tapi gapapa karena disini nanti kita belajar bareng kok.

Di semester awal nanti kamu akan ketemu mata kuliah Studi Alquran. Mata kuliah ini membahas mengenai ilmu-ilmu alquran yang terbagi menjadi beberapa bab seperti asbabun nuzul, sejarah alquran dan masih banyak lagi. Tugasnya mata kuliah ini membuat makalah dan kita mempresentasikannya dengan PPT. Waktu itu saya satu kelompok dengan teman saya Ima dan dosen pengampunya adalah Bapak Zamzam Mustofa.

Ilmu Tauhid

Tak jauh berbeda dari Studi Alquran, Ilmu Tauhid juga berisi mengenai keagamaan seperti ketauhidan, syahadat, dan apa ya sudah lama sekali wkwk. Tugasnya juga sama dengan Studi Alquran. Membuat PPT, Makalah dan mempresentasikannya. Waktu itu saya satu kelompok dengan teman saya Marisa dan dosen pengampu saya adalah Bu Nurul.


Studi Fiqih

Wah, ini asik banget nih wkwk.

Studi Fiqih ini mata kuliah yang membahas fiqih seperti pernikahan, jual beli, dan banyak deh pokoknya wkwk. Waktu itu dosen pengampu mata kuliah ini Bapak Erwin. Beliau asik banget, menjelaskannya juga mudah dipahami. Tugasnya resume dan wajib membeli buku Fiqih XD.

Sejarah Peradaban Islam

Nah, ini juga nggak kalah asik. Dosen pengampu mata kuliah ini adalah Ibu Lutfiana Mayasari. Beliau ini sangat mengisnpirasi sekali. Sering diundang di berbagai acara ormawa juga. Mata kuliah Sejarah Peradaban Islam atau SPI ini berisi sejarah isla mulai zaman Nabi, Bani Umayyah, Bani Abbasiyah, NU, Muhammadiyah semuanya di kupas tuntas di mata kuliah ini.

Rasanya wow banget pas tahu kalau islam di masa kejayaan memang sangat luar biasa apalagi di zaman Bani Abbasiyah yang menjadi pusat perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban di dunia. Oiya, untuk tugasnya membuat mind mapping lalu mempresentasikannya. Mind mapping ini individu dan kelompok. Tiap mahasiswa juga harus punya buku SPI.

Bahasa Arab

Wow bahasa arab??

Jangan kaget dulu wkwk. Mata kuliah ini bakal ditemui sekali ini aja kok. Waktu itu tugasnya membuat makalah mengenai materi di bahasa arab seperti Mubatada, Khobar, Jar, Majrur dan ada buku khusus untuk belajar bahasa arab. Waktu itu mata kuliah ini diampu oleh Bapak Masrur.

Pendidikan Pancasila

Seperti kembali ke masa SMA ya wkw.

Mata kuliah berikutnya adalah Pendidikan Pancasila. Mata kuliah ini berisi materi mengenai seluk beluk pancasila seperti pancasila sebagai dasar negara, pancasila sebagai dasar pengembanagn ilmu dan masih banyak lagi. Tugasnya seperti biasa wkwk. Membuat makalah dan mempresentasikannya. Dosen pengampunya Bapak Fathurrahman.  

Bahasa Indonesia

Yaps, kamu tidak salah baca. Ada mata kuliah Bahasa Indonesia juga. Di mata kuliah ini kita bakal belajar mengenai kalimat, tata bahasa, membuat artikel gitu. Tugas saya waktu itu membuat makalah, presentasi dan membuat artikel. Dosen pengampunya Ibu Ayunda.

Btw, ini mata kuliah penting banget terutama untuk persiapan kita saat laporan magang atau skripsi. Disini nanti kita bakal belajar membuat footnote, menyusun laporan atau makalah jadi belajar yang sungguh-sungguh yash XD

Fisika Dasar 1

Ladalaaaa, sampailah kita di mata kuliah yang ada ipa-ipanya wkwk. Mata kuliah di semester awal ini Fisika Dasar 1. Disini materinya masih seperti review dari pelajaran SMA tapi ya ada penambahannya dong wkwk. Biasannya kalau mata kuliah seperti ini jarang ada PR tapi adanya tugas langsung di kelas jadi langsung dikerjakan. Waktu itu dosen pengampu mata kuliah ini adalah Ibu Faninda.


Biologi Dasar 1

Mata kuliah keipaan berikutnya adalah Biologi Dasar 1. Di mata kuliah ini kita akan belajar dasar-dasar dari Biologi ya sesuai dengan namanya XD. Materi yang dipelajari ada banyak seperti Organ Hewan, Reproduksi Tumbuhan, dan masih banyak lagi. Waktu itu tugasnya mind mapping dan pembuatan poster. Kita juga diminta untuk presentasi satu-satu. Untuk dosen pengampunya Ibu Hanin.

Matematika IPA

Selamat datang Matematikaaa XD

Mata kuliah ini mungkin sedikit mumet ya wwkwk. Materinya juga banyak meliputi Akar, Pangkat, Logaritma, Turunan, Integral, Matriks dan apa ya masih banyak hehe. Dosen pengampunya Bapak Wirawan. Biasanya beliau juga memberikan pre-test dan post-test jadi siap-siap yahhh, hehe

Psikologi Umum

Mata kuliah terakhir adalah Psikologi Umum. Mata Kuliah ini menurut saya ya nyantai dan gak spaneng. Di mata kuliah ini kita bakal belajar mengenai kepribadian, emosi,  teori-teori di psikologi dan asik deh XD. Dosen pengampunya Ibu Futiati dan untuk tugasnya makalah sekaligus presentasi.

Oh, lumayan banyak juga ya. Totalnya ada 11 mata kuliah dengan 22 SKS. Di awal kuliah emang banyak dan padat tapi pasti bisa dong. Semangat berproses dan semoga informasi ini bisa memberikan gambaran untuk kamu yang mau mengambil jurusan Tadris IPA/Pendidikan IPA, terutama di IAIN Ponorogo XD.

So, terima kasih sudah membaca dan tunggu pembahasan semester berikutnya. Bila ada yang ditanyakan bisa tulis di kolom komentar.

Baca juga Kuliah Semester 2 di Tadris IPA





0 komentar:

Post a Comment