GOALS

Kuliah Semester 2 di Tadris IPA IAIN Ponorogo



Memasuki semester berikutnya yaitu semester dua ya mata kuliah di semester ini penuh tantangan dan banyak lembur wkwk. Di semester ini saya mulai memasuki Laboratorium IPA, melakukan percobaan ala-ala ilmuwan dan pastinya ngerjain laporan dong XD

So, apa saja yang saya pelajari di semester 2 ini? Yuk disimak tapi sebelumnya saya mau ngasih tahu dulu kalau saat ini saya tidak di semester 2. Saya sudah di semester 7 wkwk.

Tulisan ini saya buat untuk memberikan informasi dan gambaran mengenai apa saja yang akan kamu pelajari saat Semester 2 di Jurusan Tadris IPA, khususnya di kampus saya (IAIN Ponorogo). Tiap perguruan tinggi mungkin tidak akan sama tapi secara umum ya sama kok, hehe.

Studi Hadits

Setelah sebelumnya Studi Alquran maka di semester ini kita bakal ketemu dengan Studi Hadits. Materinya ya berkaitan dengan hadits seperti bagaimana pengertian hadists, sebab adanya hadits, matan, jenis-jenis hadits dan masih banyak lagi. Dosen pengampunya ibu Shofia dan beliau ternyata lulusan Al-Azhar di Mesir itu lho guys. Asal beliau juga sama dengan saya, dari Kabupaten Magetan. Beliau asik dan baik banget orangnya.

Akhlak Tasawuf

Akhlak guys akhlak hehe.

Mata kuliah ini berisi mengenai materi akhlak, moral, kesusilaan, baik, buruk dan masih banyak lagi. Tugasnya buat makalah, presentasi dan review jurnal. Siap-siap juga mendadak diminta maju ke depan buat mereview materi. Dosen pengampu mata kuliah ini adalah Ibu Mambaul.

Pendidikan Kewarganegaraan

Setelah sebelumnya Pendidikan Pancasila maka disini kita bakal belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Materinya ya meliputi kewarganegaraan (weh yaiyalah wwk), integrasi nasional, naturalisasi, dan banyaklah. Tugasnya makalah dan presentasi. Dosen pengampunya Bapak Fuadi.


Bahasa Inggris

Wah, ini nih ada bahasa inggris juga di semester ini. Setelah bahasa Indonesia ya kita kan belajar bahasa Inggris. Di mata kuliah nggak ada tugas makalah wkwk tapi ada project. Waktu itu projectnya membuat caption bahasa inggris dan video tutorial bahasa inggris. Untuk perkuliahan sehari-hari dengan bahasa inggris dan banyak game di sela perkuliahan. Asikkk pokoknya. Dosen pengampunya Ibu Desi.

Fisika Dasar 2

Semakin kesini mata kuliah keipaan makin banyak wkwk. Di semester ini kita bakal ketemu Fisika Dasar. Dosen pengampunya Bapak Wirawan. Di Fisika Dasar ini biasanya tugasnya langsung di kelas dan kalau ada PR ya tidak banyak tapi jawaannya yang banyak hehe.

Biologi Dasar 2

Mata kuliah berikutnya adalah Biologi Dasar 2. Mata kuliah ini diampu oleh Ibu Hanin dan materinya lebih spesifik dari Biologi Dasar  2. Tugasnya saya agak lupa ya XD. Intinya ya tidak jauh berbeda dari mata kuliah sebelumnya.


Kimia Dasar 1

Nah, setelah ada Biologi dan Fisika kita bakalan ketemu Kimia di semester ini. Kimia Dasar 1 ini materinya ya masih dasar-dasar  seperti Stoikometri, Konfigurasi Elektron, Sistem Periodik dan masih banyak lagi. Tugasnya bukan makalah tapi biasanya mengerjakan soal dan untuk dosen pengampunya adalah Bapak Syaiful.

Dasar-Dasar Sains

Kira-kira bahas apaan ya? XD

Dasar-dasar sains ini banyak ngebahas soal sejarah sains, penemuan sains dan teori sains yang saat kuliahnya memakai buku Dasar-Dasar Sains. Waktu itu tugas saya membuat makalah dan presentasi dan untuk dosen pengampunya Ibu Izza. Beliau Kepala Jurusan Tadris IPA pertama IAIN Ponorgo lho.

Praktikum Fisika Dasar

Dorrrrr, bertemulah kita dengan praktikum.

Praktikum ini masuk ke mata kuliah dan tempatnya tentu di Laboratorium. Untuk tugasnya ya seperti namanya, praktikum dan membuat laporan. Di awal masuk kuliah nanti akan ada buku panduan untuk membuat laporan dan apa saja yang akan dipraktikumkan. Dosen mata kuliah ini adalah Ibu Faninda.

Praktikum Biologi Dasar

Tidak jauh berbeda dari Praktikum Fisika Dasar. Di Praktikum Biologi juga gak kalah seru. Banyak banget praktikumnya, seperti membuat herbairum, anatomi hewan dan kamu pasti bakalan ngerasain deh XD. Di awal kuliah nanti kamu juga bakal diberi buku panduan untuk membuat laporan praktikumnya. Sedangkan dosen pengampunya adalah Ibu Hanin.

Psikologi Perkembangan

Lebih spesifik dari sebelumnya, di semester ini kita bakal belajar mata kuliah Psikologi perkembangan. Materinya berupa psikologi perkembangan manusia sejak dalam rahim sampi tua. Tugasnya membuat makalah dan presentasi. Sedangkan dosen pengampunya Ibu Weni.

Nah, itulah beberapa mata kuliah yang akan dipelajari saat semester 2 di Tadris IPA IAIN Ponorogo. Totalnya ada 11 mata kuliah dengan 22 SKS (masih sama dengan semester 1). So, tetap semangat dalam menikmati proses ini. Sampai ketemu di semester selanjutnya.

Baca juga Kuliah Semester 3 di Tadris IPA




0 komentar:

Post a Comment