GOALS

Kuliah Semester 3 di Tadris IPA IAIN Ponorogo



Semester 3 itu berarti sudah melewati semester 1 dan 2 wwkwk (ya jelas dong). So, di semester 3 ini kita akan mempelajari materi baru dan mungkin sebelumnya belum pernah kita ketahui.

Oiya, sebelum membaca maka saya beritahukan dulu kalau saya sudah di semester 7 (2020 ini). Tulisan ini saya buat untuk memberikan informasi dan gambaran mengenai mata kuliah yang akan kamu pelajari saat semester 3 di Jurusan Tadris IPA, khususnya di IAIN Ponorogo.

Metodologi Studi Islam

Mata kuliah pertama ini masih mengenai keagamaan dengan nama Metodologi Studi Islam. Materinya berupa Studi Islam masa Nabi, Khulafaur Rasyidin, Bani Umayyah, Abbasiyah dan masih banyak lagi. Tugasnya membuat makalah dan presentasi tapi makalahnya harus karya sendiri dan tidak boleh plagiat hehe. Dosen pengampunya asik banget yaitu Bapak Hijroh. Beliau ini juga sering banget jadi pembicara di event ormawa, waktu ospek jurusan saya pun juga mengundang beliau tapis ekarang beliau pindah di IAIN Kediri.

Mekanika Dasar

Semakin kesini ya mata kuliah keipaan bakalan makin banyak. Di semester ini kita bakalan belajar mengenai Mekanika Dasar yang diampu oleh Ibu Faninda. Beliau ngajarinnya asik juga kok, kadang ya ada ceritanya hehe. Btw, di Mekanika Dasar ini materinya meliputi gerak, gaya, energi kinetik, energi potensial, GLB, GLBB gitu. Tugasnya tidak ada makalah, paling sering ya mengerjakan soal saat kuliah.

Termodinamika

Selanjutnya ada Termodinamika. Konon ini merupakan mata kuliah horror sebelum Elektromagnetik di semester 4 haha. Eh, tapi ya emang horror kalau kitanya belum paham hehe.

Di mata kuliah ini kita bakal belajar soal Hukum Termodinamika dan soal-soalnya. Waktu mata kuliah ini saya sama temen-temen yang lain sering banget belajar bareng. Paling sering ya di Taman Kelonoswandono sambil ngemil dan belajar materi Termodinamika ini. Tugasnya ngerjain soal, kadang dikerjain di kelas dan kadang dikerjain di rumah tapi bisa dikerjain bareng temen dan ini direkomendasiin banget. Supaya kita bisa saling diskusi dan paham sama materinya.

Anatomi dan Fisiologi

Nah, mata kuliah ini ya sesuai dengan namanya. Materinya meliputi sistem-sistem yang ada pada manusia, mulai pernafasan, hormon, respirasi, pencernaan dan masih banyak lagi. Dosen pengampunya Bapak Khoirul dan tugasnya buat makalah sama PPT sekaligus mempresentasikannya.

Ekologi

Lanjut ke ekologi, ini mata kuliah ngebahas soal populasi, komunitas, dll. Dosen pengampunya Ibu Hanin dan tugasnya diskusi bersama karena saat itu beliau sedang sakit. So, kita semua belajar mandiri, berdiskusi dan hasilnya dilaporkan ke dosen.

Kimia Dasar 2

Kelanjutan dari Kimia Dasar 2, di semester ini kita bakal bertemu dengan Kimia Dasar 2. Materinya larutan, kesetimbangan, asam basa, termokimia dan materi yang lain. Waktu itu mata kuliah ini diampu oleh Ibu Aliya. Beliau baik banget hehe. Tugasnya kadang ngerjain soal.

Sejarah dan Filsafat IPA

Membaca nama mata kuliahnya aja bingung gak? Hehe

Tapi mata kuliah ini tidak sepert itu kok. Materi pada mata kuliah ini meliputi filsafat sains, sejarah sains dan masih banyak lagi. Tugasnya tidak membuat makalah tapi biasanya ada kuis dan review materi. Dosen pengampunya adalah dosen favorit saya, ibu Rahmi.

Praktikum Kimia Dasar

Setelah ada 2 praktikum di semester 2 maka di semester 3 ini tinggal 1 praktikum aja. Nah, Praktikum Kimia Dasar ini juga ada laporannya dan dosen pengampunya sama dengan dosen Kimia Dasar 2 yaitu Ibu Aliya. Di awal kuliah nanti akan ada panduan praktikum dan penyusunan laporannya.

Ilmu Pendidikan

Mata kuliah kependidikan pertama sepertinya hehe. Di mata kuliah ini kita akan belajar mengenai pendidikan dari mulai pengertian, fungsi, alat, landasan dan masih banyak lagi. Dosen pengampu mata kuliah ini Bapak Arif (beda dengan mata kuliah Kimia Dasar XD). Tugasnya membuat makalah dan presentasi.

Psikologi Pendidikan

Setelah sebelumnya perkembangan maka di semester ini ada Psikologi pendidikan. Disini kita bakal belajar mengenai psikologi pendidikan, aliran psikologi, pengetahuan, teori belajar dan lain-lain yang nantinya ada di RPS. Dosen pengampu mata kuliah ini Bapak Edy dan tugasnya yaitu membuat makalah dan PPT. Btw, di mata kuliah ini juga ada tugas observasi di sekolah dan ada laporannya XD

Strategi Belajar Mengajar

Hmmmm, mata kuliah terakhir adalah strategi belajar mengajar yang isinya materi ya sesuai dengan nama mata kuliahnya, mulai strategi dalam mengajar, menggunakan  media, model mengajar, konsep mengajar, dll. Waktu itu mata kuliah ini diampu oleh Ibu Kristiana, sedangkan tugasnya diskusi, review materi dan review jurnal.

Nah, total dari semuanya ada 11 mata kuliah dengan 22 SKS. Masih sama dengan semester sebelumnya dan sejujurnya saya agak kewalahan di semester 3 ini. Banyak banget tantangannya karena ada 11 mata kuliah dan saya juga mulai aktif di organisasi. Tapi alhamdulillah saya sudah melewatinya, hehe. Semangat untuk kamu yang akan memasuki semester 3.



0 komentar:

Post a Comment