GOALS

Lho Memangnya Bisa Apa?



“Berangkat dari rumah jam 6 pagi, nyampek kampus ternyata kelasnya kosong”

Entah berapa kali saya mengalami hal itu dan buat kamu yang berada di dunia perkuliahan pasti pernah mengalami hal ini.

Jarak rumah saya dengan kampus memang cukup jauh karena memerlukan waktus sekitar 40 menit. Akan tetapi, biasanya saya ambil 60 menit dengan asumsi 20 menit kalau ada apa-apa di jalan seperti ban motor mendadak bocor.

Saya sendiri tinggal di Magetan, sedangkan kampus saya di Ponorogo. Btw, setiap saya menjawab pertanyaan orang kalau rumah saya Magetan dan saya PP ngampus malah pada heran. Apa saya gak capek, apa saya gak pengen kos aja dan berbagai hal lainnya. Tapi, saya senyum doang XD.

Awal mulanya saya begitu kesal karena sudah berangkat pagi-pagi tapi kelasnya malah kosong. Biasanya jika dosen tidak masuk akan diberitahukan lebih awal namun ada juga yang 30 menit sebelumnya. Tapi, selalu saja saya sudah berada dijalan sehingga saya tidak tahu karena tidak buka group WA.
“Kita tidak bisa mengendalikan hal di luar diri kita tapi kita bisa mengendalikan apa yang ada dalam diri kita”.
Kalimat ini yang saya gunakan kalau saya merasa ada sesuatu yang membuat saya kesal. Ingat, kendalikan diri. Misalnya gini.

Hal yang diluar kita adalah segala sesuatu yang tidak bisa kita kendalikan seperti hujan, kritik orang lain, komentar orang lain. Ya, itu tidak bisa kita kendalikan. Tapi, kita bisa mengendalikan diri kita. Respon apa yang kita berikan dengan sikap orang lain atau kondisi di luar diri kita.

Trus gimana dengan saya yang pagi-pagi sudah nyampek kampus tapi ternyata tidak ada kuliah?

Yash, tidak adanya kuliah karena dosen rapat atau sakit itu di luar kendali kita. Kita kan tidak bisa memaksakan semuanya harus masuk kuliah dengan dalih kita sudah susah payah berangkat kampus. Oh, kita siapa? So, mengendalikan diri adalah salah satunya cara yang bisa kita lakukan.

Sepertinya ini berkaitan dengan mindset ya. Saya sendiri juga latihan dengan pemikiran seperti ini. Kadang ya kesel sendiri tapi ya bisa apa lo memangnya ? Wkwk.





1 komentar