GOALS

Merasa Sok Penting, Memangnya Siapa?


Ya kan kesel, kok dia jadi marah ke aku”, ucapnya.

Seseorang tiba-tiba curhat ke saya karena ada yang membuatnya kesal. Saya ya mendengarkan saja,  saya biarkan dia meluapkan kekesalannya, hehe. Usut punya usut ternyata dia kesal karena temannya tidak mau mengantarkan buku yang mau dia pinjam, padahal dia butuh banget buku itu. Hmmm, ya jelas temannya itu marah lawong sudah mau pinjam diminta mengantarkan pula. Lah memangnya dia itu siapa? Anak sultan? (batin saya, wkwk).

Saya jadi ingat ucapan kawan saya dulu “trutoh telo, butuh moro”, ya sejenis pantun seperti Jarjit itu ya. Tapi dari sini ya ada benarnya loh. Kalau kita butuh ya bagaimana usaha kita memenuhi kebutuhan itu. Kalau kita butuh buku itu ya usahainlah untuk mengambilnya sendiri. Masa iya sudah minjem, minta dianterin pula. Enak sekaleee, hehe.

Masih dengan topik yang sama tapi hal ini berkaitan dengan etika dengan dosen. Saya kadang gemes banget kalau ada mahasiswa yang chatnya begini

Nanti bertemu jam 9 ya pak, ini saya masih repot. (kalimat pertama)

Duhh, meskipun saya bukan (belum jadi wkwk) dosen tapi ketika melihat chat seperti itu rasanya duh kok pede banget ya. Terlihat sekali bawa dia mengatur waktunya dan seperti orang yang benar super sibuk. Coba kalau kita di posisi dosennya? Bagaimana?

Pemilihan kata untuk menjadi kalimat yang kompleks sepertinya memang perlu dilakukan agar makna dari kata itu jelas dan tidak disalahpahami. Coba kalau kalimatnya dibuat begini,

Bagaimana jika pertemuannya dibuat jam 9 bapak? Saat ini saya masih ada kepentingan.” (kalimat kedua)

Lebih enakan yang mana ?

Kalimat kedua seperti sebuah penawaran dan pertanyaan. Setidaknya biarkan lawan bicara kita juga memberikan feedback. Jangan sampai kita memutuskan sendiri. Apalagi dengan orang yang lebih tua dari kita.

So, cobalah kita belajar untuk “memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan”. Tanyakan pada diri sendiri, kalau kita jadi dia bagaimana. See you in the next post.




0 komentar:

Post a Comment