GOALS

Pertama Kali Kerja:“Yes, Punya Uang Sendiri”

Ilustrasi uang sendiri


Flashback bentar soal pertama kali saya kerja.

Waktu itu saya masih nunggu masuk perdana ngampus jadi ada sekitar 2 bulan saya leha-leha di rumah. Eits, tapi tidak berlangsung lama. Alhamdulillahnya ada tawaran buat kerja jadi saya bisa punya pemasukan dong XD.

Saya pun menerima tawaran itu dan ternyata kerjanya jadi asisten surveyor. Surveyor ini dari salah satu lembaga survei swasta di Yogyakarta.  Kerjanya saya ya bantuin surveyor ini buat keliling desa, dari rumah ke rumah, ikut menyiapkan peralatan dan membereskannya kembali.

Nah, bertepatan desa yang disurvei adalah desa saya jadi saya tahu persis lokasi-lokasinya. Survei ini dalam bidang kesehatan. Jadi saya dan surveyornya seperti petugas kesehatan yang keliling desa denga sasaran anak usia dibawah 2  tahun dan ibu hamil. Dua sasaran ini nantinya akan kami periksa bagaimana perkembangan kesehatannya.

Rasanya ya seneng, capek dan campur hehe. Disisi lain saya jadi tahu pelosok-pelosok desa tapi disisi lain juga capek karena alat yang dibawa lumayan banyak. Mulai pengukur panjang badan bayi, tinggi badan orang dewasa, timbangan, laptop, cek Hb dan masih banyak lagi. Kadang saya dengan surveyornya juga gantian bawa alat-alatnya.

Gaji pertama saya saat itu hampir 1 juta dan rasanya saya seneng banget. Ya gimana ya. Punya uang sendiri, hasil kerja sendiri wauuu. Bangga gitu sama diri sendiri dan kita bisa beli apapun karena kita punya uang sendiri gaesss. Yah meskipun pertama kali kerja ngerasain capek dan kaki pegel karena saya dan surveyor kadang jalan kaki buat ke rumah warga.

Eits, di sisi lain saya juga belajar banyak mulai belajar survei face to face, interview, etika bertamu, merangkai alat-alat kesehatan, dan beberapa hal lain.

Tak hanya itu, saya juga tahu rumah pak RT sedesa karena sebelum masuk ke wilayah beliau kami harus ijin dulu. Banyak hal yang bisa saya pelajari saat bersama surveyor. Apalagi waktu istirahat biasanya kami paling sering makan bakso sambil sharing XD. Ngomongin kuliah, kerja, dan yang pasti Yogyakarta. Bertahun-tahun saya pengen ke Yogya ya hanya wacana XD. Plan 2020 malah ada corona (curhat dikit).

Bersama surveyor ini rasanya ya bukan seperti kerja sih sebenarnya tapi seperti penelitian di sebuah desa gitu wkwk. Waktu itu juga sempet dikira mahasiswa KKN malah XD.

Nah, inilah sedikit pengalaman pertama kali saya kerja. Menurut saya, sebagai newbie kita sebaiknya fokus dulu ke belajar dan belajar. Urusan gaji ya bisa belakangan. Dari sini saya juga belajar untuk mengambil sudut pandang yang berbeda. Kita semestinya bisa melihat celah apapun. Kita bisa belajar dimana saja dan dengan siapa saja.

Kalau pengalaman pertama kerja kalian gimana? Yuk ceritain di kolom komentar.

0 komentar:

Post a Comment