GOALS

Telaah Kurikulum IPA: STEM



Next adalah STEM atau Science, Technology, Engineering, and Mathematic. Ini merupakan dasar sebelum dikembangkan menjadi STEAM, ketambahan Art. STEM ini ternyata dikembangkan di Amerika Serikat pada tahun 2000-an oleh The National Science Foundation (NSF). Banyak penelitian yang menyatakan bahwa STEM inni telah berkembang pesat di dunia pendidikan dan hasilnya pun peserta didik menjadi lebih paham dan mengerti mengenai materi yang merek pelajari.

So, kali ini saya akan mereview mengenai STEM.

Apa itu STEM?

Sudah saya tulis diatas ya kalau STEM adalah Science, Technology, Engineering, and Mathematic atau Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika. STEM adalah salah satu pendekatan dalam pembelajaran dengan mengintegrasikan beberapa komponen pada STEM. Pertama, sains berupa studi sistematis sesuai pengamatan, percobaan dan pengukuran sehingga dapat diperoleh suatu rumusan hukum mengenai fakta tersebut. Kedua, teknologi berupa suatu alat yang digunakan untuk memudahkan suatu pekerjaan. Ketiga, teknik yaitu suatu desain untuk menyelesaikan masalah. Keempat, matematika yakni ilmu yang menghubungkan jumlah/besaran, angka dan ruang dengan menggunakan notasi khusus (Torlakson, 2014).

Apa saja kelebihan STEM?

  • Mengintegrasikan komponen dalam STEM untuk mengasah kreativitas
  • Melatih peserta didik mengintegrasikan materi dengan bidang terkait (komponen)
  • Melatih peserta didik menyelesaikan masalah secara komprehensif


Apa saja kekurangan STEM?

  • Kesulitan peserta didik dalam mengaitkan materi ke komponen
  • Peserta didik hanya fokus pada komponen yang dikaitkan
  • Apabila guru kurang berwawasan maka akan kesulitan dalam menerapkan STEM


Kekurangan dari pendekatan keterpaduan ini memang mirip tapi semua pendekatan ini perlu dilakukan dalam menyongsong pendidikan Abad 21. Peserta didik akan dituntut layaknya seorang ilmuwan, inovator dan berpikir kritis dalam proses pembelajaran. So, sampai jumpa di postingan berikutnya.

Referensi

0 komentar:

Post a Comment