GOALS

Ternyata ini Penyakit Masa Kini



Butuh garap yowes, penting dadi

Wah, kadang saya juga bicara begitu wkwk. Melakukan suatu yang biasa- biasa saja dan tujuan utamanya ya “selesai” bukan “be the best”. Rasanya kita melakukan sesuatu itu ya penting cepet dan hasilnya cakep.

Well, hal ini ternyata suatu penyakit yang dalam psikologi disebut dengan Low Effort Syndrome. Low Effort Syndrome merupakan sebuah prinsip kerja dengan semudah-mudahnya tapi nilai diri harus tetap terjaga. Dari hal inilah kemudian muncul budaya seperti mencontek sampai budaya titip absen. Hayohhh, ada benernya juga ya.

Pernah gak nemuin orang yang bilang begini,

Tugas itu biasa aja, penting selesai gitu lho

Karena tugasnya biasa-biasa saja jadi nilainya juga biasa. Tapi malah menjadikan hal lain sebagai kambing hitam. Misalnya gini,Dosennya saja yang pelit kasih nilai.

Low Effort Syndrome inilah yang ternyata membuat kita jadi malas berproses. Kita pengennya serba mudah, cepat dan praktis. Mungkin juga hal ini yang menyebabkan orang lebih senang bertanya daripada membaca terlebih dahulu. Semua maunya serba cepet. Kemudian muncullah kutipan “Budayakan membaca sebelum bertanya”. Memang kadang ngeselin banget, sudah tertulis dan terpampang nyata. Ealah, kok ya malah masih nanya.

So, kembali ke Low Effort Syndrome. Implikasi dari adanya Low Effort Syndrome ini kita jadi sulit untuk maju dan berkembang. Karena apa? Ya karena kita maunya yang biasa-biasa saja. Kita gak mau mencoba hal baru, berproses dan gagal.

Mungkin hal ini juga ada kaitannya dengan zona nyaman. Zona dimana kita ya merasa nyaman berada di situ. Tidak menginginkan hal lain di luar zona itu.  

Finally, tulisan ini saya buat sebenarnya untuk menampar diri saya sendiri. Refleksi dari semua yang sudah saya lakukan.

Inspiration @qoonita x Quora

1 komentar