GOALS

Insecure



“Duh, kok jelek sih”

“Hapus aja ah”

Jiahhh, begitulah insecure-nya saya. Baru-baru ini kata insecure emang lagi booming dan sering banget diuapin sama anak-anak muda alias millenial.

Insecure sendiri merupakan kondisi dimana kita merasa tidak aman atau tidak nyaman. Biasanya kondisi ini terjadi waktu kita malu, rendah diri, ngerasa gak mampu dan akhirnya gak percaya diri. Yash, itu insecure.

Balik ke insecure versi saya. Saya nih juga insecure. Insecure-nya pas lagi nulis kayak gini nih kadang suka gak pede dan ngerasa aja kalau tulisan saya jelek dan gak berbobot. Saya juga kadang insecure waktu menulis di media sosial seperti instagram atau facebook. Khawatir aja kalau tulisan saja jelek, gak menarik atau apalah. Kadang malah saya hapus kembali. Dohh, segitu insecure-nya saya nih genk.

Trus gimana cara mengatasinya?

Well, saya punya cara sendiri buat mengatasi insecure ini. Pertama saya sadar kalau saya insecure. Yash, ini hal pertama ya menyadari kalau kita lagi insecure. Kedua, saya coba untuk fokus dengan diri saya sendiri. Saya tidak membandingkan diri saya dengan orang lain. Tapi ini juga agak susah kalau buat saya. Sejak dulu saya selalu menanamkan buat jadi teh best and number one. Nah, hal ini nih yang kadang bikin saya keras sama diri sendiri dan nuntut lebih. Kalau saya gagal, ya ini pengendaliannya saya mesti kuat. Ini bukan salah saya dan ini bagian dari proses. Eh, ini juga masuk ke insecure loh.

Ketiga, tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan orang lain ini menurut saya penting karena memang setiap orang punya kelebihan dan kelemahan masing-masing. Mungkin kamu pernah merasakan hal ini. Temen kamu juara atau berprestasi trus kamu jadi insecure. Kok aku gak bisa seperti dia, kok aku gini banget, apa yang bisa dibanggain dari aku dan lain-lain. Apa saya pernah begitu? Yash, saya pernah. Lagi dan lagi, saya coba buat ngesetting pikiran saya kalau setiap orang punya kelebihan dan kelemahan. Kuncinya kita mesti tahu apa kelebihan dan kelemahan kita.

Berikutnya, saya lebih aware sama diri sendiri dan terus belajar untuk menuangkan apa opini atau pendapat saya lewat tulisan, baik di blog atau di sosial media. So, begitulah insecure versi saya dan cara saya mengatasinya. Kalau kamu gimana nih ?

1 komentar