GOALS

Tips Membuat Program Kerja KPM-DR



“Programmu KPM apaan lo fa, aku kok bingung”, tanya kawan saya.

Haishhh, menurut saya bukan bingung tapi mungkin kita kurang menggali ide atau malah kelebihan ide jadi bingung pilih yang mana hehe.

Btw, kalau ada yang tanya begitu akan saya jawab secara umum karena saya sendiri belum melakukan program kerja saya jadi ya pamali kalau saya ucapkan, wkwk. Bukan apa-apa tapi biasanya kalau suatu keinginan diucapkan maka berpotensi untuk tidak dilakukan. Ini opini saya aja XD.

So, akan saya sampaikan sedikit cara saya membuat program kerja KPM-DR yakni sebagai berikut.

Baca Buku Panduan KPM-DR

Pertama adalah membaca buku panduan KPM-DR. Di dalam buku panduan biasanya sudah dijelaskan mengenai tema KPM. Misalnya tema KPM-DR perekonomian, pendidikan, kebudayaan atau lingkungan. Kita harus tahu tema-temanya apa saja sebelum menginjak ke sebuah program.

Survei Desa

Kedua adalah survei desa. Survei desa ini dilakukan untuk mengetahui letak desa dimana, ada apa saja, masyarakatnya seperti apa dan budayanya bagaimana. Survei ini bisa secara langsung atau tidak langsung. Misalnya hanya mengamati lingkungan, berkeliling atau mengamati aktivitas masyarakat.

Analisa Potensi dan Masalah

Ketiga adalah menganalisa potensi dan masalah di desa tersebut. Potensi ini meliputi keunggulan dari desa itu apa saja. Misalnya desa tersebut memiliki potensi pariwisata atau kuliner. Sedangkan masalah adalah hambatan atau hal apa yang kurang dari desa tersebut. Hal ini dapat dianalisis dengan model analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunites &Threats).

Menemukan Solusi

Setelah kita menganalisa maka selanjutnya kita menemukan solusi atau mengembangkan potensi di desa tersebut. Misalnya jika potensinya di pariwisata berarti kita bisa membuat Desa Wisata. Jika permasalahannya warga kurang mengetahui pencegahan Covid-19 maka kita bisa berupaya untuk memberikan edukasi atau media lain sebagai solusi.

Menulis Program Kerja

Langkah terkahir adalah menuliskan program kerja. Kita bisa menulis bebas apa saja yang kita pikirkan. Setelah itu kita bisa fokuskan program kita dengan tema yang terkait. Yeay, jadilah program kerja KPM-DR.

Nah, begitulah beberapa tips membuat program kerja KPM-DR. Tips ini berdasarkan pengalaman dan referensi lain. Semoga bermanfaat dan semangat KPM.

2 komentar