GOALS

Tips Sebelum Mengajukan Program KPM



“Kemarin juga ada yang kesini tapi saya tolak karena melibatkan orang banyak”

Begitulah pernyataan Pak Kepala Desa  setelah saya mengajukan usulan program kerja saya. Ternyata sebelum saya ada mahasiswa KPM juga namun prokernya di tolak karena ada yang melibatkan massa padahal saat ini masih pandemi.

Saya sendiri baru kemarin pergi ke Balai Desa setelah 2 hari menyiapkan beberapa berkas yang saya butuhkan untuk menjelaskan program kerja saya. Alhamdulillahnya program kerja saya di acc dan siap buat action.

Btw, berkas yang saya siapkan ada 3 yaitu Usulan Program (seperti mini proposal), CV, dan Buku Pedoman KPM. Nah, 3 berkas ini yang saya bawa tapi sebelum itu ada hal lain yang juga saya persiapkan yaitu sebagai berikut.

Membuat Program KPM

Pertama adalah membuat program KPM. Program ini harus kita buat terlebih dahulu. Jangan sampai sudah ke pihak desa tapi kita lupa dengan program kita apa saja. Dengan demikian, kita harus tahu program dan apa saja yang akan kita lakukan selama KPM.

Mengkonsultasikan ke DPL

Setelah kita membuat program kerja. Selanjutnya adalah mengkonsultasikan program tersebut ke DPL (Dosen Pembimbing Lapangan). Eits, trus gimana jika tidak ada DPL?

Jika tidak ada DPL kita bisa inisiatif menghubungi salah satu dosen yang dekat dengan kita atau minimal DPA (Dosen Pembimbing Akademik) untuk membimbing kita dalam menentukan program yang tepat. Jadi, inisiatif untuk menghubungi duluan dong ya XD

Membuat Usulan Program

Setelah itu kita bisa membuat usulan program dengan format (sesuai kebutuhan) seperti mini proposal yang berisi cover, dasar pemikian, tujuan manfaat, sasaran kegiatan, program kerja dan penutup. Btw, dari kampus biasanya tidak meminta buat beginian tapi ini inisiatif aja supaya kita punya pedoman dan bukti mengenai program apa yang akan kita lakukan.

Membuat Lampiran

Setelah membuat usulan program maka selanjutnya membuat lampiran. Lampiran ini saya tadi adalah CV dan Buku Pedoman KPM. Selain itu kita juga bisa melampirkan surat pengantar dari kampus. Karena program saya ada yang non lapangan jadi saya memerlukan surat izin kegiatan sehingga sekalian saya meminta persetujuan dari Kepala Desa. Hal ini dalam bentuk surat dengan tujuan untuk antisipasi jika saat saya di lapangan ada yang meminta surat izin.

Mengajukan Usulan Program ke Pihak Desa

Setelah berkas terkumpul maka selanjutnya kita gassss ke Kantor Desa. Jangan lupa memakai baju resmi seperti almamater, bersepatu dan dandan bos wkwkw. Datang, sampaikan maksud dan tujuan, perkuat programd dengan berkas dan fokus. Semangat.

Demikian beberapa tips yang bisa kita lakukan sebelum mengajukan program KPM ke pihak desa. Semoga bemanfaat, selamat mencoba.

Berikut ini format usulan proker dan surat izin yang saya gunakan.

0 komentar:

Post a Comment