GOALS

5 Rekomendasi Platform untuk Self Learning



Kerjarlah ilmu sampai ke negeri China

Kata pepatah dulu emang gitu sih tapi di jaman yang serba digital ini kita bisa nyari ilmu darimana saja dan kapan saja. So, kali ini saya akan memberikan 7 rekomendasi platform untuk self-learning. Kita bebas mau belajar apa aja. Berikut rekomendasinya,

Podcast

Pertama saya pilih podcast karena saya sendiri lebih sering self-learning dengan platform ini. Podcast adalah sebuah konten dalam bentuk audio dimana kontennya bisa berupa monolog atau dialog dengan membahas suatu topik. 

Biasanya saya dengar podcast via Spotify atau Inspigo. Kalau di Spotify kita mesti milih kategori podcast karena disitu juga ada lagu. Sedangkan di inspigo ini semuanya podcast dengan berbagai kategori mulai self development, finance dan masih banyak lagi. Lebih asik di inspigo sebenarnya, kayak lagi dengerin seminar dan durasinya juga nggak terlalu panjang.

Medium.com

Kedua adalah medium.com, disini sebuah platform yang isinya artikel-artikel keren dan ditulis oleh beberapa orang yang expert dibidangnya. Kamu bisa akses via website atau aplikasinya di playstore.

Quora

Ketiga ada aplikasi Quora, ini aplikasi tanya jawab dimana kita bisa mendapat berbagai pengetahuan dan ilmu dari orang-orang yang memange xpert dibidangnya. Banyak pertanyaan yang ada di aplikasi ini dan kita bisa menjawab maupun hanya melihat saja. Kalau saya biasanya main aplikasi ini untuk nyari ide buat konten XD.

Youtube

Nah, ini pasti familiar. Youtube memang sebuah platform yang isinya bisa apa aja tergantung kita milih apa. Rekomendasi channel buat belajar seperti sisi terang, kok bisa. Kalau personal saya biasanya lihat channel Gita Savitri Devi dan Najwa Shihab. Tinggal kita pilih aja, kita mau konten yang seperti apa.

Duolingo

Terakhir ada Duolingo dimana ini sebuah aplikasi belajar bahasa inggis mulai dari dasar. Kalau kamu pengen upgrade skill bahasa inggris bisa download Duolingo di playstore.

Masih banyak platform lain tapi saya bahas ini dulu, yang lain ada juga versi situs atau website seperti Khanacademy, Udemy, Coursera, IndonesiaX begitu. Kamu bisa akses, ada yang berbayar dan gratis. Selamat mencoba!



1 komentar