GOALS

Melek Finansial


“Wah, uang darimana coba?”

Itulah pertanyaan yang super mumet sewaktu ada keadaan darurat awal 2020. Jadi waktu itu pertama kalinya laptop aku rusak dan mesti ganti sesuatu dengan biaya 1 jutaan lebih. Pusing sudahhh karena posisi lagi libur dan tabungan aku baru sedikit, hiks.

Berawal dari sinilah sepertinya aku mesti belajar lebih giat lagi terutama mengenai finansial, bagaimana mengatur uang dan cara menabung.

Btw, aku sendiri termasuk orang yang kurang suka diatur (wkwk) sampai masalah keuangan ya aku sendiri yang mengatur terutama saat kuliah ini. Hal pertama yang aku lakuin adalah memiliki buku rekening.

Pertama kalinya aku buka rekening ya di Bank BRI dengan produk BRI Tabunganku. 

Kenapa pilih BRI? 

Karena BRI mudah dijangkau, familiar dan deket rumah dibandingkan bank yang lain. 

Trus kenapa BRI Tabunganku? 

Karena kalau Tabunganku itu nggak ada biaya admin jadi uangku aman, gak kepotong, heeh dasyar!

Emang sih itu awal-awal belajar mengatur keuangan tapi tujuan utamaku waktu itu cuman pengen nyimen uang gitu aja jadi pakek BRI Tabunganku. Aku juga belum terlalu paham soal perbankan begini.

FYI, kalau BRI Tabunganku ini fasilitasnya dapat buku tabungan dan tidak ada biaya admin akan tetapi tidak ada ATM. Amanlah buat temen-temen yang pengen nabung buat jangka panjang karena kalau mau tarik tunai ya mesti ke bank karena tidak ada ATM, HAHA.

Itu waktu awal-awal kuliah dan sampai semester 4-an aku masih pakai BRI Tabunganku. Barulah awal semester 5 ini aku mulai berani mencoba buat buka rekening baru BRI Simpedes karena aku punya online shop @nikubuku jadi mesti transaksi berkali-kali. 

So, mesti punya BRI Mobile Banking. Nah, ini nih mulai sedikit melek-melek soal finansial.

Lah, kan aku sudah punya rekening bisnis tapi aku belum punya rekening pribadi alhasil aku buat lagi. Mulai paham juga nih, hehe. Jadi aku punya 3 pos alokasi dana yaitu Tabungan, Bisnis dan Kebutuhan sehari-hari.

Rekening kebutuhan sehari-hari ini aku pakai BRI Simpedes sama kayak yang Bisnis karena ini juga buat transaksi dan ada ATM-nya. 

Nah, kalau BRI Simpedes ini ada buku tabungan dan ATM tapi ada biaya admin, hehe. Lagi-lagi pilih BRI karena familiar, dekat dari rumah dan dimana-mana ada ATM BRI XD.

Sejauh aku menjadi nasabah BRI ini ya aman-aman aja karena poin utama aku sebenarnya di BRI Mobile Banking ini jadi enak buat top up atau belanja online XD. Ini nih mulainya aku sering belanja online wkwkw.

Sampai ke awal semester 6 aku juga belajar soal investasi tapi kebanyakan orang tua ya larinya ke emas. Punya uang trus diminta beliin emas gitu. Yo yawes, aku waktu itu punya sedikit celengan hasil kerja trus tak belikan emas XD. 

Ternyata ya cukup ampuh, males ngejualnya XD.

Selain itu, di awal semester 7 ini aku juga mulai belajar soal dana darurat jadi ya seperti namanya dimana dana ini buat hal-hal yang darurat aja. Dengan demikian alokasi dana aku bagi jadi 4 yaitu tabungan, bisnis, sehari-hari dan dana darurat. 

Di samping itu aku juga punya celengan koin. Kalau ada koin di rumah pokoknya masukkin ke celengan, hehe.

Trus dana darurat di kasih ke bank apa?

Nah, aku sendiri sebenernya punya bank ideal yang aku pengenin yaitu ada ATM tapi gak ada biaya admin wkwkw. Aku baru nemuin nih awal semester 7 waktu baca di Quora. 

Auto dong, aku buka rekening di Bank Mandiri Syariah via online. Ternyata ini, salah satu bank yang punya fasilitas ATM buat nasabah tanpa ada biaya admin. Baru tahu juga nih aku wkwk.

Tulisan selanjutnya aku share pengalaman aku buka rekening online di Bank Mandiri Syariah. Tapi sebelumnya kau ceritain dulu soal melek finansial ini emang penting banget.

Aku sendiri juga masih belajar sih karena pendapatan aku emang gak seberapa tapi sebisa mungkin dialokasikan ke pos-pos yang kita buat seperti bisnis, investasi (bisa emas), tabungan begitu. Biar kita tahu uang kita larinya kemana.

Pernah juga sih aku nyatet pengeluaran dan pendapatan pakek manual tapi ternyata kurang efektif, kok masih males. 

So, aku masih coba-coba pakai aplikasi buat mencatat keuangan. Kalau kamu punya rekomendasi aplikasi bisa tulis di kolom komentarnya, hehe 

#samasamabelajar

0 komentar:

Post a Comment