GOALS

Peka dengan Diri Sendiri


Pernah nggak sih kamu menghindari makanan tertentu karena kamu punya riwayat maag atau alergi gitu?

Menurut aku itu namanya peka sama diri sendiri.

Buat aku, peka nggak hanya ke orang lain tapi peka juga ke diri sendiri seperti memahami diri kita seperti apa. Seperti tanda-tanda mau sakit, tanda-tanda mau marah atau pun saat sedih. Sejauh ini peka sama diri sendiri itu memberikan manfaat buat aku terutama dalam mengatasinya. Aku kasih beberapa contohnya ya.

Pertama, kalau aku mau flu akan muncul beberapa tanda-tanda dan yang paling familiar adalah tenggorokan bermasalah dan bersin 2x. Wah ini sudah fiks saya flu dan sebelum-sebelumnya saya sudah punya obat manjurnya yaitu cukup dengan permen Ant*ngin. Sekitar 2 hari saya rutin konsumsi permen tersebut ditambah minum air putih yang banyak dan alhamdulillah setelah 3 hari saya sembuh. Nah ini dia manfaat dari peka sama diri sendiri, aku jadi gercep dengan langkah apa yang akan aku ambil dan hasilnya aku sembuh dari flu. Mungkin saja kalau tidak terdeteksi dari awal aku bakalan nggak buru-buru ngobatin. Ini contoh yang fisik.

Kedua, aku jarang marah tapi kalau pas marah aku ya inget kok wkwk. Tapi kali ini contohnya bukan marah tapi badmood. Jadi momen ketika aku mendadak badmood karena faktor dari luar diri aku. Ceritanya saat itu aku nunggu temen aku buat makan tapi sayangnya temen aku terlambat dan itu hampir 2 jam. Nah lo, gimana nggak badmood coba? Temen aku kemudian jemput aku dan minta maaf tapi aku masih badmood. Aku udah males sebenarnya tapi udah sampek kota. So, diperjalanan nih yang entah kemana aku coba tenang dan peka sama apa yang aku rasain dan ternyata ya badmood ini. Akhirnya aku minta temen aku berhenti di sebuah kedai jus trus aku beli jus tuh disitu. Ini cara cukup ampuh buat ngilangin badmood. Keknya solusi kalau aku badmood ya makan atau minum jus XD.

Aku kasih contoh 2 aja ya karena sebenarnya banyak sih cerita aku mengenai peka sama diri sendiri. Sejauh ini aku juga masih memahami diri aku gimana. Aku suka apa dan nggak suka apa tapi peka sama diri sendiri dan berujung ke self-awareness ini emang penting supaya kita lebih menganalisa diri sendiri dan tahu kita itu orangnya gimana.

Kalau kita kurang self-awareness, kita akan cenderung nggak sadar dan gak peka sama diri sendiri. Contohnya, padahal punya sakit maag tapi malah suka makan pedes. Duh!

1 komentar

  1. Kok aku memahami Badmood sma kesel sama ya😁apa aku kurng peka🙄🤣

    ReplyDelete