GOALS

Belajar Hidup Minimalis dan Langkah-Langkahnya



Minimalis.

Sebuah gaya hidup yang saat ini mulai saya terapkan tapi yang saya tulis disini nanti beberapa langkah yang sudah saya lakukan beserta impactnya.

Gaya hidup minimalis adalah sebuah gaya hidup dimana fokus pada esensi serta tahu mana yang penting dan tidak penting.

Kita memang seringkali melakukan sesuatu dan terkadang kita tidak tahu kenapa melakukannya atau kita beli barang tapi tidak tahu untuk apa barang tersebut.

Pelan-pelan saya mulai belajar soal esensi hingga akhirnya saya putuskan memulai hidup minimalis dan mencobanya.

Sebelumnya, saya mesti meyakinkan diri saya terlebih dahulu kalau “saya memang orang yang berbeda”, saya mesti paham kalau setiap orang berbeda. Tidak perlu takut menjadi berbeda.

Adapun langkah memulai hidup minimalis yang saya terapkan adalah sebagai berikut.


Pertama, saya mulai memilah baju-baju yang tidak saya pakai. Saya pun membuat kategori baju formal, semi formal, dll. Saya plan baju-baju yang memang saya butuhkan. 

Hasilnya? 

Lemari saya jadi longgar, baju-baju yang saya pakai ternyata tidak terlalu banyak, sedangkan baju lama saya packing untuk didonasilan.

Dulu saya pernah merasa “nanti kalau butuh lagi gimana” dan beberapa pertimbangan lain istilah jawanya “eman-eman” dengan baju-baju saya tapi itu dulu sebelum saya tahu konsep hidup minimalis. 

Saya rasa sekarang saya lebih legowo karena saya tahu alasan saya. Ternyata selain mengurangi isi lemari juga membuat saya lebih peduli saat belanja, apa yang saya butuhkan dan apa yang tidak saya butuhkan.


Kedua, saya mulai membersihkan file-file di laptop yang tidak penting. Saya dulu suka mengoleksi film-film barat seperti Harry Potter, The Lord of The Rings, dll tapi sekarang sudah saya hapus. File itu hanya mengendap di laptop saya.

Ketiga, saya mulai memilih jilbab-jilbab yang nyaman untuk saya. Btw, saya dulu suka ngoleksi jilbab warna apapun tapi sekarang saya lebih nyaman dengan jilbab bahan softcotton dengan warna basic, biar bisa di match dengan baju apa saja XD.

Kalau dipikir-pikir ternyata saya sudah menerapkan hidup minimalis ini sih, semisal kalau kuliah bawa bekal dan air minum. Kan kan jadi nostalgia, jadi biasanya saya sama teman saya bawa bekal waktu ke kampus trus pas istirahat di makan. Lumayan, hemat. Hehe.

Sekarang saya pun masih belajar untuk menerapkan hidup minimalis berikutnya.

2 komentar