GOALS

BOSAN


Tiba-tiba saya jadi keinget,

“Mbak, pernah ngerasa salah jurusan gak sih?”

Begitulah pertanyaan adik tingkat saya beberapa waktu lalu.

Sejujurnya saya pernah merasa demikian. Ngerasa salah jurusan, bingun dan belum yakin dengan apa yang menjadi pilihan saya sekarang.

Orang-orang menyebutnya passion. Kemudian seperti dibombardir dengan pertanyaan ke diri sendiri “ Ini passion saya apa nggak?”, “Setelah ini jadi apa” dan seambreg pertanyaan lain yang ujung-ujungnya jadi overthinking.

Apa saya overthinker?

Ya, saya akui kalau saya memang overthinker.

Saya terbiasa memikirkan sesuatu dan memproyeksikan segala hal. Kadang hal ini jadi boomerang. Saya jadi takut lebih dulu atau saya jadi was-was dengan apa yang mau saya kerjakan.

Tapi hal ini tidak berkepanjangan. Saya sebenarnya hanya butuh fokus dengan apa yang akan saya kerjakan dan target-target saya.

Hal inilah yang membuat saya mesti membuat timeline setiap hari mengenai apa yang akan saya lakukan.

Saya tidak peduli mau dicap sebagai orang sibuk, gak punya waktu atau apaan tapi kalau nggak begini saya bakal keteteran.

Ya, tiap orang memang beda-beda.

Bicara soal bosan dan ngerasa salah jurusan saya rasa ini sangat berhubungan. Menurut saya, rasa bosan dan ngerasa salah jurusan itu suatu hal yang wajar. Karena apa? Karena kita dipengaruhi oleh hal-hal yang ada baik di dalam maupun di luar diri kita.

Kita bisa aja ngerasa bosan ketika rutinitas gini-gini aja. Berangkat-kuliah-pulang-tidur dan begitu aja. Trus bosan, rutinitas begitu lagi trus bosan.

Kok  gini banget. Makin kesini saya rasa emang perlu nih sadar untuk mengelola kebosanan.

Emang bisa?

Saya rasa bisa. 

Bosan bisa dikelola dengan membuat hari-hari kita lebih berbeda dari hari biasanya. Ini mungkin agak sulit karena kadang kita terlanjur nyaman dengan rutinitas sebelumnya.

Berkaitan dengan salah jurusan. Menurut saya juga berhubungan dengan bosan dan dinamika kita selama di bangku kuliah.

Saat kuliah pasti akan ada banyak tantangan yang mesti dihadapi. Lembur tugas, revisi, bolak-balik nyari dosen dan wira-wiri buat fotokopi.

Yaa belum lagi materi kuliah yang kadang sulit dan apalagi ditambah tugasnya juga.

Terkadang hal ini membuat kita stress lalu mencari-cari why and why trus muncul jangan-jangan dan jangan-jangan.

“Apa jangan-jangan aku salah jurusan ya”

“Apa ini bukan passion aku ya”

Ah, entahlah.

Yang jelas semua orang pasti pernah merasakan bosan dan itu wajar. Kitanya nih yang mesti tahu kenapa kita bosan dan bagaimana cara mengatasi rasa bosan tersebut.

2 komentar