GOALS

Ngimbangin Intelektual


Nggak tahu kenapa kepikiran soal hal ini. Saya senang sekali dengan orang-orang yang bisa ngimbangin intelektual. Orang yang seperti ini biasanya pandai memposisikan diri dan memperlakukan orang lain.

Eh gini, intinya ngimbangin intelektual itu seperti kamu ngesetting diri kamu untuk seimbang dengan orang lain. Misalkan kalau ngomong ke anak kecil atau bayi ya ngomongnya imut-imut lucu gitu. Ya kita kan gak mungkin kalau ngomong ke anak kecil pakek bahasa akademis seperti negosiasi, interupsi, interview yang kadang orang lain gak tahu.


Btw, kadang saya juga kesel dengan orang yang tidak tahu dia berada dimana. Ngomongnya intelektual tapi audiencenya bukan setingkat dengan dia. Padahal tujuan utama komunikasi kan menyampaikan informasi agar orang lain paham dengan apa yang kita ucapkan.

Belajar soal ngimbangin intelektual ini saya rasa mirip dengan “Dengan Siapa Kita Bicara” atau jika ngomong dengan seseorang mikir dulu “Ini orang open minded apa nggak, ini orang bisa diajak debat atau nggak, dll”.

Saya selalu berpikir begitu ketika ngomong sama seseorang. Ya, sebenarnya menghindari konflik dan agar enak aja bicaranya. Tapi ngomongin soal ngimbangin intelektual ini menurut saya menjadikan kita lebih banyak relasi karena kita bisa berteman dengan siapa saja dan tidak pandang usia maupun latar belakang.

Kadang, beberapa orang menganggap orang lain gak penting atau buang waktu padahal bisa jadi suatu saat nanti kita butuh orang tersebut.

5 komentar

  1. Bagi yang tidak terbiasa Kadang memang harus menata kata dulu sebelum bicara yg mengakibatkan gagal loading. Atau kurang tanggap dalam bicara.

    ReplyDelete
  2. Mau tanya.. Laki laki di foto iku siapa kok ngk ada wajahnya🤣🤣?

    ReplyDelete