GOALS

Pengalaman Magang 1 IAIN Ponorogo

Dokumentasi pribadi 

Magang, magang dan magang.

Saya mau throwback dulu ke semester 5 dimana saya waktu itu pertama kalinya merasakan yang namanya Magang 1 yang jadi mata kuliah.

Hal pertama yang saya bayangkan adalah. Magang 1 dilakukan setiap hari aktif sekolah, di sekolah bakal ribet, mesti berangkat pagi, belum lagi magang sambil kuliah dan ditambah mengerjakan laporan. Wkwkwk.

Ya, itu pemikiran saya waktu  awal-awal magang. Bahkan dari status WA juga banyak banget yang intinya takut, ngeluh dan overthinking sama yang namanya magang. Saya dulu juga gitu. Sampek saya kepikiran buat ngekos aja, biar gak berangkat terlalu pagi banget. Ini sebelum eksekusi magang 1.

Tapiii, ternyata nih tidak seperti yang saya pikirkan. Pertama, jadwal magang 1 itu koordinasi dengan guru pamong. Jadi nggak setiap hari ke sekolah buat magang tapi ada jadwalnya. Saya dulu hari Senin dan Selasa. Sebenernya gak sedikit nyesel ambil 2 hari yang berturut-turut karena tidak ada jeda hari. Alhasil ya capek, hehe. So, jadwal magang itu tergantung dari pihak sekolah dan guru pamongnya.

Kedua, waktu proses Magang 1 kita nggak terlalu ribet juga karena yang penting kita tahu apa yang mau kita lakukan. Apa tujuan kita. Jadi kita bisa buat timeline dulu. Minggu pertama observasi apa, kedua apa, dst.

Ketiga, emang sih mesti berangkat pagi ke sekolah karena tiap sekolah ya punya kebijakan tersendiri. Saya dulu berangkat sebelum jam 6, sampek sana jam setengah 7.

Keempat, mengenai pembuatan laporan. Ya, lagi lagi dimana ada input dan proses akan selalu ada output. Laporan magang 1 ini menjadi momok tersendiri bagi beberapa mahasiswa karena berlembar-lembar dan belum lagi kalau ada typo. Hehe

Selain itu isi dari laporan pun terkadang satu kelompok dengan kelompok lain juga berbeda karena tergantung dosen pembimbing dan sekolah. Beberapa sekolah ada yang ikut merevisi dan ada pula yang tidak. Tapi, menurut saya lebih banyak konsultasikan dulu dengan dosen pembimbing. 

Nah, itu dia pengalaman saya Magang 1, sekarang saya otw Magang 2 yang tentunya sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Penasaran nggak kayak apa? Ya tunggu ceritanya aja wkwk.

Contoh Laporan Magang 1 IAIN Ponorogo saya bisa kamu download di sini.

6 komentar