GOALS

Pengalaman Organisasi

INI BAKALAN PANJANG BANGET

Hai teman-teman semuanya, gimana nih kabarnya?

Semoga baik-baik saja ya. Ditulisan kali ini saya mau berbagi cerita mengenai pengalaman saya berorganisasi. Buat saya, setiap orang pasti punya pengalaman organisasi dan tiap orang juga memiliki proses yang berbeda.

Ada yang mulai berorganisasi sejak SD atau SMP atau SMA atau malah waktu kuliah dan bahkan setelah kuliah. Semua memang punya proses tersendiri.

Organisasi sendiri secara umum merupakan suatu perkumpulan dua orang atau lebih yang saling bekerjasama untuk mencapai tujuan yang sama. Jadi organisasi ini tempatnya orang-orang yang se-visi dan se-misi.

Banyak yang bilang “Jangan lihat apa yang kamu dapatkan tapi lihat apa yang kamu berikan”. Tapi, nyatanya kadang kita juga sering mempertimbangkan untung rugi saat berorganisasi. Terlepas dari semua itu, saya rasa organisasi memberikan kesan tersendiri bagi saya.

Saya dan Karang Taruna Desa Krowe
Saya menyebutnya orang yang berorganisasi itu adalah orang yang merancang atau merekonstruksi diri mereka sendiri. Ya bisa kita bayangkan. Ketika berorganisasi maka kita mesti siap mengatur diri sendiri. Kapan belajar, kapan main dan kapan ngurusin organisasi. 

So, kita mesti bisa memanajemen diri sendiri. Eh, kok malah nyampek sini lawong saya mau cerita lo. Hehe.

Saya mengenal organisasi itu sejak MTs tapi sebelumnya saya sadari kalau saya sudah belajar dasar dari organisasi. Sejak SD saya aktif di kelompok, saya aktif ikut lomba dan senang ikut apa saja.

Yang sampai sekarang saya ingat adalah waktu SD kelas 6 untuk pertama kalinya saya Juara Lomba non akademis, Saya Juara Harapan 3 Lomba Menyanyi Lagu Wajib dan Lagu Tradisional. 

Lagunya Indonesia Pusaka dan Tanduk Majeng. Saya masih ingat betul lirik dan nadanya. Dulu yang ngajarin Bu Murtini, kepala sekolah saya. Terima kasih bu, beliau tegas, cantik dan sabar sekali, hehe.

Nah, ini awal mula saya mengenal organisasi.

OSIS MTs Nurul Falah

Pertama saya bergabung di OSIS MTs Nurul Falah, saat itu saya belum tahu banyak soal OSIS tapi denger-denger cerita gitu katanya anak OSIS itu mesti langsung populer dan mungkin ini poin plus kalinya. Lawong dibalik itu semua ya ada amanah yang harus dijalankan kok, hehe.

Saya bergabung di OSIS kemudian belajar dengan teman-teman. Kita jarang membuat kegiatan karena keterbatasan dana dan bimbingan. Malahan saya lebih aktif di pramuka. Pertama kalinya saya kemah, persami dan berpetualang dengan Pramuka. Jatuh cintanya saya di pramuka sih, hehe. Salam Pramuka!!

OSIS MA Miftahul Ulum

Lulus MTs saya pun melanjutkan ke jenjang MA. Disini saya juga bergabung di OSIS. Saya malah dipilih jadi Sekretaris OSIS, setelah sebelumnya kalah dari kandidat Ketua OSIS. Eh tapi alhamdulillah sih la saya juga gak berminat amat kok buat jadi ketua. Siapa juga yang milih wkwk.

Masa MA saya juga belajar banyak soal organisasi. Salah satunya dari OSIS ini ada beberapa kegiatan yang kami lakukan. Khataman di masjid sekeliling, Idul Adha, Perpisahan dan kegiatan lain yang saya sampek lupa hehe.

Saya juga ikut pramuka, malah waktu itu masa cinta-cintanya saya dengan pramuka. Di sekolah pramuka, diluar sekolah juga pramuka. Next!!

Prasbhara Lembeyan

Ini dia, saya digembleng habis-habisan disini hehe. Belum cukup pramuka di sekolah ya saya bergabung di Satuan Bhayangkara Lembeyan. Sebelumnya prasbhara di Lembeyan ini vacum tapi saat angkatan saya lalu berdiri kembali hingga saat ini (2020). Jadi, saya termasuk angkatan pertama setelah sekian lama meredup.

Jiwa-jiwa berpetualang saya mulai membara nih. Saya melalang buana kemana-mana. Di organisasi ini saya punya banyak sekali cerita dari mulai sedih, seneng, senep ya ada semuanya. Naik gunung, menyusuri sungai, jalan jauh, sampek Long March maupun Napak Tilas juga kami ikuti. Hadeh jan pokok. Saya tidak bisa berkata lagi.

Dari sini saya belajar banyak terutama soal disiplin, tegas dan tanggungjawab. Belajar menjadi pemimpin, komandan, seseorang yang dipimpin dan sebuah keberanian.

Tak hanya di tingkat kecamatan Lembeyan. Saya juga mulai mengenal teman-teman se-Kabupaten Magetan karena prasbhara ini juga tersebar di beberapa kecamatan seperti Panekan, Parang, Kawedanan. Saya punya banyak teman. Disamping itu sebenarnya saya tidak memiliki hari libur karena saya full senin sampai sabtu sekolah dan minggunya masuk saka.

Kadang saya mikir, kok bisa ya wkwk. Saya menjalani kegiatan itu selama 2 tahun. Kelas XI saya jadi junior, XII senior dan saya kuliah tahun pertama jadi pendamping. Saya tetap bergabung namun tidak terlalu sering hingga saat tahun kedua saya kuliah ya saya benar-benar jarang ikut saka. Saya fokus ke organisasi mahasiswa.

IPPNU Lembeyan

Bersamaan pendaftaran saka bhayangkara sebenarnya saya juga ikut kegiatan MAKESTA (Masa Kesetiaan Anggota) dimana kegiatan ini ternyata bentuk Kaderisasi dari IPNU-IPPNU Lembeyan. 

Saat itu saya belum paham apa-apa tapi lambat laun selama berproses ya paham juga. Dibilang aktif ya sebenarnya tidak juga karena saya juga ada organisasi lain, hehe. 

Disini saya juga belajar banyak terutama pengalaman jadi moderator, public speaking, membuat kegiatan dan perencanaan lain. Sampai sekarang saya masih bergabung tapi mau demisioner kepengurusannya XD.

Karang Taruna Bina Karya

Selanjutnya saya bergabung di Karang Taruna Bina Karya Dusun Kajar. Saya bergabung awalnya karena ada pembentukan Karang Taruna dan saya diundang jadi otomatis saya bergabung. Waktu itu saya masih MA/SMA.

Saya lupa kelas berapa tapi seingat saya masih kelas X dan kayak gak paham gitu soal organisasi jadi ya ngikut aja. Tapi, di event Karang Taruna ini saya punya pengalaman jadi MC acara Tahun Baru. Ini bukan pertama kali sih sebenarnya kalau jadi MC tapi pertam kali di event karang tarunaya hehe. Sekarang malah karang taruna ini sudah nggak aktif lagi jadi ya sudah. Skip.

HMJ IPA IAIN Ponorogo

Kok ya seperti candu ya. Jiwa-jiwa organisasi ini seperti terpanggil kembali. Saya pun bergabung di HMJ IPA IAIN Ponorogo. Entah kenapa kok ya saya dipilih jadi Sekretaris Umum. Petualangan saya kembali membara. Apalagi bersama dengan mahasiswa-mahasiswa yang lagi asik-asiknya eksplore apa saja.

Bersama teman-teman HMJ ini saya belajar banyak hal terutama memimpin rapat, adminstrasi, membuat proposal, teknis pengajuan proposal, nembusin OB, satpam, pinjam gedung ini seperti makanan. Wes cukup wkwk. Jadi nostalgia.

Dibalik itu semua ya ada cerita sedih, ngakak, penuh perjuangan dan pengorbanan. Halah lebay. Eh tapi emang bener lo. Apalagi saya nih, kan saya PP dari rumah dengan durasi waktu rumah-kampus 40 menit ya lumayan kan ya.

Kalau kegiatan JJP tuh saya mesti berangkat  jam 5 pagi habis subuh. Kalau rapat sore tuh saya pulang magrib dan kadang isya’, mentok kalau rapat kemaleman ya gak pulang jadinya saya nginep di kontrakan temen atau kos mereka (Makasih yo gais, Kontrakan Dinda, Kos Erja, Kos Ima dan terutama rumah Marisa).

Alhamdulillah setidaknya saya pernah ngerasain yang namanya ngopi sampek malem bareng kakak-kakak (Anggy, Rizal, Hanif) sambil main UNO, Camping bareng, Main bareng, Naik gunung yang ironis, Rapat sampek subuh dan semua perjalanan lain. Terima kasih sudah memperkenalkan saya dengan Bakaran juga. Haish. Ternyata saya punya banyak kenangan saat berada di HMJ IPA ini. Eh, Wisnu lali wkwk.

Ikmadiksi Aksara IAIN Ponorogo

Selain HMJ IPA, secara bersamaan saya juga bergabung di Ikmadiksi Aksara IAIN Ponorogo alias organisasinya mahasiswa bidikmisi. Sebenarnya saya ingin mengurungkan niat saya dari awal untuk bergabung tapi kok ya enek wae seng ngajak gabung wkwk. Wes gak popo wes. Saya evaluasi sendiri sebenarnya saya kurang aktif waktu menjadi pengurus, menurut saya nih ya. Saya lebih aktif saat jadi peserta. Saya ikut kegiatan apa saja, mulai workshop, ormadiksi dan kegiatan besar ya saya ikut tapi pas kepengurusan saya kok jarang. Hehe.

4BMP Ponorogo

Selanjutnya masih berkaitan dengan bidikmisi jadi 4BMP Ponorogo itu organisasinya mahasiswa bidikmisi yang asalnya Ponorogo. Saya sendiri bergabung juga sebentar saja karena waktu itu ada event Buka Bersama dan Donasi untuk Panti Asuhan dan membuka opres panitia. Saya lalu daftar dan setelah itu sudah, hehe.

Karang Taruna Rancang Kencono

Sek to sekto, ini saya baru gabung beberapa hari yang lalu. Sebenarnya awal pembentukan saya sudah ada undangan tapi saya tidak hadir karena saat itu saya persiapan untuk kuliah. Eh di tahun keempat saya kuliah ini sepertinya Allah memberikan saya kesempatan untuk bergabung.

Awal saya bergabung saat kegabutan dikala pandemi kemudian bergabung jadi relawan covid bersama teman saya. Akhirnya saya kenal beberapa teman sesama relawan yang anggota Karang Taruna kemudian berlanjut saya gabung dengan teman-teman saya.

Kegiatan pertama yang saya ikuti di organisasi ini baru tanggal 20 Agustus 2020 kemarin yaitu Lomba Keagamaan dan dilanjut rangkaian kegiatan berikutnya. Yaaa nanti saya ceritain lagi di tulisan berikutnya.
Saya dan peserta Lomba Tilawah
Huh, sepertinya ini jadi tulisan terpanjangan di blog ini, wkwk. Begitulah pengalaman saya berorganisasi dan kesan-kesan saya mengikutinya. Ternyata beroganisasi memang banyak manfaatnya, ya kalau kita tahu bagaimana menerapkannya.
.

0 komentar:

Post a Comment