GOALS

Tips Melaksanakan Rapat Organisasi

Rapat memang menjadi ritual penting di semua organisasi. Organisasi mana sih yang nggak rapat dan koordinasi ? Bisa-bisa miskomunikasi dong ya.

Sejauh saya mengikuti rapat organisasi ternyata ada banyak hal yang saya amati. Setiap organisasi berbeda, ada yang rapat sampek gak tahu waktu dan ada juga yang rapatnya begitu singkat.

Emang sih gak ada patokan atau standar aturan rapat kayak gimana tapi dengan membuat acuan sendiri tentunya akan lebih efektif kan ya.

Nah, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba saat rapat organisasi

Memiliki Planing

Pertama yang mesti kita lakukan adalah planing dari apa yang ingin dibicarakan saat rapat. Planing ini bisa berupa masalah apa yang mau dibahas.

Jangan sampai waktu rapat malah gak tahu mau ngomong apaan. Yaaa bisa-bisa semuanya jadi kesel dong. Rapat kok gak jelas.

Adanya Moderator

Kedua adanya moderator. Peran moderator ini memiliki fungsi yang penting karena memimpin jalannya rapat.
Mempersilakan siapapun untuk berpendapat maupun sampai mengakhiri rapat.

Notulen

Selanjutnya tak kalah penting adalah notulen dimana notulen berperan untuk mencatat semua hasil rapat.

Jangan sampai adayang terlewat sehingga notulen harus fokus dengan apa yang dibahas dalam rapat.

Batas Waktu

Yaaaa batas waktu kapan rapat dimulai dan kapan rapat selesai. Hal ini akan memudahkan kita untuk mengukur durasi waktu saat melaksanakan rapat.

Aturan Rapat

Terakhir adalah aturan rapat. Aturan ini misalnya dilarang mengoperasikan handphone, mengumpulkan handphone di depan, dilarang forum didalam forum maupun dilarang tidur.

Aturan ini diberlakukan agar peserta rapat dapat fokus dan rapat bisa terlaksana dengan efektif dan efisien.

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan saat rapat organisasi. Rapat menjadi hal yang penting sehingga perlu diperhatikan.

Buat kamu yang master rapat ya coba dong kasih tips juga. LOL.

0 komentar:

Post a Comment