Tips Melaksanakan Rapat Organisasi
August 25, 2020
Rapat
memang menjadi ritual penting di semua organisasi. Organisasi mana sih yang
nggak rapat dan koordinasi ? Bisa-bisa miskomunikasi dong ya.
Sejauh
saya mengikuti rapat organisasi ternyata ada banyak hal yang saya amati. Setiap
organisasi berbeda, ada yang rapat sampek gak tahu waktu dan ada juga yang rapatnya begitu singkat.
Emang
sih gak ada patokan atau standar aturan rapat kayak gimana tapi dengan membuat
acuan sendiri tentunya akan lebih efektif kan ya.
Nah,
berikut beberapa tips yang bisa kamu coba saat rapat organisasi
Memiliki Planing
Pertama
yang mesti kita lakukan adalah planing dari apa yang ingin dibicarakan saat
rapat. Planing ini bisa berupa masalah apa yang mau dibahas.
Jangan
sampai waktu rapat malah gak tahu mau ngomong apaan. Yaaa bisa-bisa semuanya
jadi kesel dong. Rapat kok gak jelas.
Adanya Moderator
Kedua
adanya moderator. Peran moderator ini memiliki fungsi yang penting karena
memimpin jalannya rapat.
Mempersilakan
siapapun untuk berpendapat maupun sampai mengakhiri rapat.
Notulen
Selanjutnya
tak kalah penting adalah notulen dimana notulen berperan untuk mencatat semua
hasil rapat.
Jangan
sampai adayang terlewat sehingga notulen harus fokus dengan apa yang dibahas
dalam rapat.
Batas Waktu
Yaaaa
batas waktu kapan rapat dimulai dan kapan rapat selesai. Hal ini akan
memudahkan kita untuk mengukur durasi waktu saat melaksanakan rapat.
Aturan Rapat
Terakhir
adalah aturan rapat. Aturan ini misalnya dilarang mengoperasikan handphone,
mengumpulkan handphone di depan, dilarang forum didalam forum maupun dilarang
tidur.
Aturan
ini diberlakukan agar peserta rapat dapat fokus dan rapat bisa terlaksana
dengan efektif dan efisien.
Itu
dia beberapa tips yang bisa dilakukan saat rapat organisasi. Rapat menjadi hal
yang penting sehingga perlu diperhatikan.
Buat
kamu yang master rapat ya coba dong kasih tips juga. LOL.
0 komentar