GOALS

Tips Mengerjakan Laporan KPM-DR



Seperti yang sudah kamu ketahui kalau tahun ini kampus saya menyelenggarakan KPM-DR karena pandemi covid-19 sehingga ada beberapa hal yang berubah.


Apanya yang berubah?


Teknisnya berubah. Menurut saya KPM-DR ini fleksible karena tidak ada patokan kelompok/individu, boleh online maupun offline (tergantung lokasi), boleh dimana saja. Dari segi kegiatannya pun lagi-lagi juga fleksible karena pandemi. KPM tahun lalu jug ada Dosen Pembimbing tapi KPM-DR ini tidak ada. 

Seneng gak? 
Mmm, saya malah bertanya-tanya trus yang menilai ini nanti siapa, wkwk.


Trus apalagi?


Format laporan, yap. Format laporan pun berubah. Sebelum KPM-DR ini berlangsung sebenarnya saya sudah riset soal teori maupun praktik hahaha. Meskipun pada akhirnya berbeda setidaknya saya tahu KPM yang dulu seperti apa. 

Mau tahu bedanya apa?


Berkaitan dengan laporan dari segi isinya sudah berbeda. Format laporan KPM tahun lalu lebih detail karena dilakukan secara kelompok dan semua program kerja dibahas tapi ini tergantung Dosen Pembimbingnya juga. 

Lah, malah KPM-DR ini tidak ada Dosen Pembimbing trus bagaimana?

Iya ya bener juga. 

Saya sendiri berpatokan dengan Buku Panduan dan Laporan tahun lalu. Nah, berhubung laporan saya sudah tahap akhir jadi saya mau bagi tips mengerjakan laporan KPM-DR. Berikut tipsnya.

Membaca Buku Panduan

Setiap ada kegiatan biasanya selalu ada buku panduan. Seperti namanya jadi buku panduan itu fungsinya untuk memandu kita dalam kegiatan tersebut. Jika kita mengerjakan laporan berarti kita mesti tahu apa saja ketentuan membuat laporannya. Misalkan covernya seperti apa, marginnya berapa dan apa saja isinya. Setelah membaca lalu tulis apa saja ketentuannya agar tidak lupa. Kemudian buat dulu di laptop templatenya agar waktu membuat laporan tinggal mengetik saja.

Membuat Timeline

Selanjutnya membuat timeline kapan mau mengerjakan. Kita tida mungkin terus-terusan berkutat dan dihantui laporan kan? Wkwk, maka dari itu harus membuat timeline kapan mengerjakan dan deadline utama.

Menyiapkan Rancangan

Yaaa, ini bagian yang paling penting.  Sebuah rancangan mengenai apa yang mau kita tulis. Biasanya saya mulai dulu dari dasar, seperti daftar isi dari laporan apa saja lalu dikembangkan sesuai dengan program kerja utama kita. Ini masih umum kemudian dikhususkan lagi.

Program kerja pendidikan itu apa saja lalu dibahas di laporan. Masalah awalnya bagaimana, prosesnya serta hasil dan dampaknya. Kuncinya INPUT-PROSES-OUTPUT-IMPACT. Ini sih dasar dari laporan KPM ini menurut saya.

Mulai Mengerjakan

Setelah melalui beberapa proses dan tips diatas maka selanjutnya adalah mengeksekusinya. Sebelum mengerjakan laporan siapkan dulu daftar apa yang mau ditulis dan jauhkan berbagai gangguan saat mengerjakan laporan. Matikan gadget dan mulai mengerjakan. Ini memang sulit Wkwk.

Mengedit Laporan

Tahap akhir nih ya. Seperti biasanya maka tahap akhir proses pembuatan laporan KPM ini adalah mengeditnya. Apakah ada yang salah kosakatanya, tata letaknya atau covernya.


Nah, itu dia 5 tips mengerjakan laporan KPM-DR. Buat temen-temen yang punya tips lain bisa di tulis di kolom komentar yaaa. Semangat KPM-DR :D



0 komentar:

Post a Comment