GOALS

Tips Sebelum Magang 1


Sebagai orang yang sudah melaksanakan Magang 1 dengan penuh perjuangan wkwk, maka tulisan ini saya buat supaya teman-teman yang mau Magang 1 (semester 5) bisa punya gambaran.

Ok jadi Magang 1 merupakan salah satu mata kuliah di semester 5 yang wajib diikuti dan menjadi syarat untuk ke Magang. Oleh sebab itu, jangan sampai terlewatkan tidak mengikuti Magang 1 karena berdampak ke akhir, intinya lulusnya agak molor.

Karena saya dari FATIK (FKIP kalau PTN) Magang 1 saya di salah satu sekolah di Ponorogo. Magang 1 ini poin utama sebenarnya adalah kegiatan observasi mengenai apa saja yang ada di sekolah tempat kita Magang 1. Biasanya di buku panduan sudah ada apa saja yang mau di observasi.

Namun, jangan terpatok dengan “hanya” observasi. Cobalah belajar banyak hal di sekolah tersebut seperti menjalin relasi dengan pihak guru atau sekolah karena besar kemungkinan kita akan ada mata kuliah yang sifatnya teaching atau mengajar langsung di kelas, seperti percobaan media pembelajaran.

Balik ke Magang 1, di tulisan kali ini saya akan membahas apa saja tips sebelum melaksanakan Magang 1. Tipsnya sebagai berikut.


Mengikuti Pembekalan

Pertama adalah mengikuti pembelakan. Seperti namanya “Pembekalan” berarti kita diberi bekal untuk berperang. Kalau tidak bawa bekal ya bagaimana dong? Kemungkinannya kita kurang informasi dan bingung. Jadi, usahakan tetap datang di Pembekalan Magang 1 karena selain mendapatkan informasi juga menjadi bagian dari “daftar hadir”. Biasanya saat pembelakan juga dilanjut dengan berkumpul tiap kelompok Magang. Nah, disini kamu bisa kenalan sesama anggota kelompok biar makin akrab dan gak canggung karena selama Magang 1 kalian akan koordinasi terus sebagai satu kelompok.


Membuat Grup Magang 1

Kedua, kamu bisa mulai membuat grup kelompok. Seperti biasa ya, bisa Whatssapp atau Telegram. Grup ini bertujuan untuk koordinasi agar Magang jadi lancar. Jangan lupa Dosen Pembimbing Lapangan juga dimasukkan ke grup untuk monitoring. Setelah itu coba buat pengurus kelompok. Cukup inti aja mulai ketua sampai bendahara. Ini penting agar lebih mudah koordinasinya.


Membaca Buku Panduan

Selanjutnya adalah membaca buku panduan. Buku panduan ini berisi hal apa saja yang kamu lakukan ketika Magang 1. Teknisnya bagaimana, apa tujuannya dan apa manfaatnya. Kamu juga bisa mulai menyicil laporan sedari awal agar tidak menumpuk di akhir nanti.


Membuat Timeline

Terakhir adalah membuat timeline mengenai poin mana yang akan diobservasi lebih dulu. Timeline ini memudahkan kita agar Magang 1 lebih terstruktur dan sistematis. Kita jadi tahu mana yang akan kita lakukan setiap minggunya.

Nah, itu dia tips sebelum Magang 1. Tips ini veri saya ya, buat teman-teman yang punya tips lain bisa share di kolom komentar.

0 komentar:

Post a Comment