GOALS

Nostalgia PBAK IAIN Ponorogo

PBAK FATIK 2018 IAIN Ponorogo 


PBAK 2017.......

Ah, sudah lama ternyata

Wah, ketahuan tapi saya angkatan berapa wkwk.

Oke, jadi hari ini saya sedikit mampir sebentar untuk melihat kelangsungan pembukaan PBAK 2020 IAIN Ponorogo melalui Youtube.

Seperti yang sudah ketahui ya kan kalau tahun ini masih pandemi sehingga PBAK tidak bisa dilakukan secara langsung. Yah, kasian ya hehe. Tapi ngeliat PBAK hari ini saya jadi pengen nostalgia.

Tulisan kali ini sedikit cerita aja bagaimana pengalaman PBAK saya 3 tahun lalu. PBAK 2017 gengs.

Oke, jadi PBAK 2017 di IAIN Ponorogo ini dilakukan selama 4 hari. Saya masih ingat, waktu itu hari terakhir trus besoknya Hari Raya Idul Adha (cari sendiri tanggalnya ya)

PBAK apa sih?

PBAK nama lain dari OSPEK kalau jaman dulu ya tapi di PTKIN namanya PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan).

PBAK yang berlangsung delama 4 hari ini terdapat 2 bagian yaitu PBAK Institut dan PBAK Fakultas.

Hari pertama dan hari terakhir PBAK Institut sedangkan hari kedua dan ketiga PBAK Fakultas.

Fakultase sampeyan nopo mbak?

Fakultas ku tah?

Fakultas saya FATIK (Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan) yang paling banyak mahasiswanya dan yang paling opo ya, paling-paling banyaklah sampai ribuan lebih mahasiswanya. Sombong dikit XD.

Hari pertama PBAK ini PBAK institut alias se-kampus bareng-bareng dan hal ini dilakukan di Kampus 2 IAIN Ponorogo.

Tahu kan?

Kampus 2 tuh yang di Kecamatan Jenangan itu lo.

Nah, disitu tempatnya. Sebelum masuk ke kampus alias setelah gerbang. Disitu semuanya dibariskan, saya dan maba-maba yang lain. Waktunya pun juga pagi polll. Jam 5 atau 6 ya saya lupa pokoknya harus sudah di lokasi.

Sampai di lokasi trus berbaris sesuai kelompok (ketua kelompok didepan) dan ini nanti ada pendamping kelompok. Biasanya dari kakak tingkat yang jadi panitia PBAK Institut.

Selama baris berbaris ini kita diminta berdiri terus dan ya biasalah. Para kakak-kakak bakalan orasi didepan trus kita ngikutin. Hidup Mahasiwa! Begitu tuuu...

Setelah itu, orasi selesai kita semua diminta ke halaman Kampus 2 IAIN Ponorogo. Nah, baru deh mengikuti acara. Biasanya materi, istirahat, materi trus sampek sore jam 4-an baru selesai.

Ini yang PBAK Institut nih.

Selanjutnya PBAK Fakultas.

PBAK Fakultas nih punya kelompok sendiri jadi kelompoknya ada 2 yakni kelompok PBAK-I dan PBAK-F.

Saat PBAK-F ini nih seru karena ada flash mob. Sebelumnya emang mesti latihan dulu sekitar 3x TM biar hari H udah lancar.

PBAK Fakultas ini serentak sekampus hanya saja mahasiswanya dibagi per-fakultas. Sek sek, nak bingung susuannya seperti ini nih ya

INSTITUT
FAKULTAS
JURUSAN

Nah, tiga ini umumnya.

PBAK Fakultas saya dulu di Gedung Graha Watoe Dhakon karena gedung ini paling besar dan biasanya juga disitu. Maklum, karena fakultas saya paling banyak jadi ditaruh disitu.

Oiya, kalau PBAK Institut dresscodenya hitam putih tapi kalau Fakultas itu beda-beda. Saya dulu baju batik coklat dan jilbab coklat susu. Jadi bakal keliatan pas Hari H-nya dari Fakultas mana karena serentak.

Tidak jauh berbeda dari PBAK Institut karena PBAK Fakultas ini juga dikasih materi mengenai fakultas, jurusannya apa aja, Kepala jurusannya siapa dan segala hal yang berkaitan dengan fakultas.

Hari yang paling seru nih hari terakhir jadi pas Hari ketiga dan hari keempat. Hari ketiga pastinya flashmob dan hari keempat adalah expo UKM.

Flashmob ini pas pagi hari, sedangkan expo kampus sekaligus penutupan PBAK.
Saya dulu sempet iri ke kakak tingkat karena “KATANYA” tahun lalu tuh ada yang namanya Inagurasi jadi nampilin sesuatu gitu. Tapi jaman saya kan nggak ada karena besoknya lebaran. Jadi ya hanya expo UKM trus penutupan.

Eh ada lagi.

Ada lomba yel-yel, hmmm

Setelah itu selesai, nunggu beberapa hari buat kuliah dan ya welcome di dunia perkuliahan gaessss XD.

Oiya, tahun 2017 saya kan jadi peserta PBAK. Nah, di tahun 2018 sayanya jadi panitia PBAK (institut dan fakultas ya allah wkwkw).

PBAK FATIK IAIN Ponorogo 2018

Mau tahu bagaimana keasyikannya?

Hahaha, nantikan tulisan berikutnya (kalau sempet nulis wkwk)

Eh eh ada yang lupa

Saya ucapkan selamat datang mahasiswa baru IAIN Ponorogo. Bagaimana nih PBAK 2020 IAIN Ponorogo asik nggak? Hehe

Salam kenal ya ,

0 komentar:

Post a Comment