GOALS

Puja Ramadhani: Suka Duka Menjadi Youtuber

Halo halo halo

Ketemu lagi dengan saya Latifa di segmen #RuangTanya

(Ini kalo versi video kayaknya bagus ya, hehe)

Ok jadi saya mau tanya dulu

Dari teman-teman adakah yang pengen jadi Youtuber?

Atau pengen jadi content creator?

Nah, kalau pengen jadi kedua hal tersebut segmen ini pas buat kalian. Kita bisa nih belajar dari Puja Ramadhani mengenai suka duka menjadi youtuber. Kira-kira apa ya?

Fyi, Puja Ramadhani adalah salah satu content creator yang berkecimpung di dunia Youtube, ya bisa dibilang Youtuber teman-teman.

Awal masuk di Youtube ternyata Puja sempat menemui banyak kendala loh tapi dia nggak nyerah gitu aja. Sampai akhirnya channel youtube dia sudah sampai ribuan subcriber. Wah, pantang menyerah ya Kak Puja ini.

Nah, penasaran kan dengan ceritanya?

Yuk, simak hasil interview saya dengan Puja Ramadhani.

#1 Apa sih alasan Puja ingin menjadi Youtuber? Atau ada yang menginspirasi Puja?

Semua berawal dari keinginan “tidak mau menjadi penonton” dan akhirnya saya memutuskan untuk membuat konten. Awalnya diremehin temen dan diketawain juga tapi lama-lama saya percaya diri. Selain itu. Awal membuat konten di youtube yang nonton juga sedikit tapi semua kembali ke saya kalau niat awal hanya berbagi.

#2 Bagaimana cerita awal menjadi Youtuber sampai sekarang mendapat ribuan subscriber?

Awalnya saya membuat konten make up karena menyukai hal tersebut tapi hal ini membuat wajah saya jadi senditif sehingga saya memilih ganti konten. Konten berikutnya adalah DIY atau Do It Yourself, konten ini menggunakan kreativitas dan seni seperti melukis. Akhirnya saya menekuni konten ini.

#3 Apa konten yang Puja sukai untuk channel youtube pribadi?

DIY. Saya menyukai konten tersebut karena mengasah kreativitas saya. Selain itu, saya juga menyukai konten tentang Belanja. Behubung saya senang belanja jadi membuat konten tersebut.

#4 Apa kendala yang Puja alami saat menjadi Youtuber?

Awal masuk youtube kendalanya paket data atau internet tapi alhamdulillah sekarang sudah ada wi-fi. Selain itu, dulu juga kurang lighting jadinya dengan cahaya Illahi hahaha, intinya kalau mau berkarya jangan ada alasan.

#5 Menurut Puja, apa tantangan menjadi Youtuber saat ini?

Tantangan youtuber saat ini menurut saya harus berkreativitas lebih tinggi agar viewers banyak.

#6 Bagaimana Puja mengatur waktu antara kuliah dan nge-youtube?

Biasanya saya sudah punya konsep lebih dulu jadi tinggal ambil video. Kuliah saya juga tidak seharu full jadi bisa setelah kuliah untuk take video. Penting kurangin rebahan dan tidur, hehe. Berkarya saat muda, bercerita saat tua.

#7 Siapa Youtuber favorit Puja saat ini?

Saya lebih suka menonton konten dari luar negeri karena konsepnya terstruktur. Sekarang saya menyukai konten Madebyaya.

#8 Terakhir, apa saja tips yang Puja sampaikan untuk Youtuber pemula?

Nggak usah mikir lama. Langsung tindakan dan jangan ada alasan. Dulu, saya awal-awal juga berproses dan saat itulah saya belajar mulai edit video, ambil video dan evaluasi video. Jangan lupa lihat youtuber lain dan belajar dari situ.

Wah, ternyata nggak mudah juga ya menjadi content creator terutama Youtuber. Jangan lupa inget pesannya Puja ya kalau mau jadi Youtuber memang mesti berproses dan yang penting “Mulai Aja Dulu”. Selain itu, berkarya jangan banyak alasan, hehe.

Nama        : Nur Puja Ramadhani

Instagram  : @pujaenterpreneur

Youtube     : Puja Ramadhani


0 komentar:

Post a Comment