GOALS

Refleksi Minggu Kelima Semester 7 Tadris IPA IAIN Ponorogo



Halo, refleksi minggu ini sepertinya tidak banyak mengingat tugas juga tidak banyak wkwk.

Seminggu ini saya masih fokus untuk menyambut Magang 2 seperti persiapan pembukaan, koordinasi, dll. Selain itu, tugas kuliah juga aman. Hanya 1 dari Fisika Terapan sekaligus baru aja dari Seminar Pendidikan IPA.

Alhamdulillah sekali, rasanya seminggu ini sedikit bernafas lega wkwk. Namun jangan sampai terlena karena beberapa minggu kedepan masih banyak hal yang harus dilalui. Apalagi untuk Magang 2, mesti perlu persiapan yang matang.

Perkuliahan utama minggu ini fokus 2 mata kuliah yaitu Fisika Terapan dan Seminar Pendidikan IPA. Pada mata kuliah Fisika Terapan membahas mengenai gelombang elektromagnetik beserta penerapannya, sedangkan pada Seminar Pendidikan IPA membahas mengenai latihan pengelolaan sitasi dan referensi menggunakan Mendeley.

Bicara soal Mendeley, saya sendiri sudah pernah tahu tapi belum mencoba. Awal semester saya mencoba Zotero, bukan Mendeley. Ya baru semester 7 ini sih belajar. Eh, baru minggu ini pun wkwk.

Kek testimoni aja, jadi saya belajar otodidak Mendeley ini dari blog (saya lupa namanya) kemudian saya coba sendiri lalu tak rewrite dan jadilan konten blog saya hehe.

Biar gak lupa dan bisa membantu teman-teman yang lain sehingga saya tulis versi saya.

Mendeley apa Zotero?

Saya sendiri masih belum mendalami lebih jauh namun saya pikir2 lebih enak menggunakan Mendeley karena artikel yang kita upload bakalan keindeks otomatis, sedangkan saat menggunakan Zotero harus memasukkan identitas dari artikel tersebut.

Intinya terbantu banget dengan adanya Mendeley. Bisa sitasi langsung dan buat daftar pustaka juga otomatis, tinggal edit dikit. Hehe,

Refleksi minggu ini sepertinya cukup ini aja sih. Sampai ketemu di relfleksi berikutnya. Oiya, jangan lupa cobain Mendeley dan Zotero yak, membantu banget :D

0 komentar:

Post a Comment