GOALS

Bertanggungjawab Atas Diri Sendiri

Kamu pernah gak sih menemukan orang yang ingin bersembunyi dibalik orang lain?

Misalkan, A pengen melakukan sesuatu kepada B namun A meminta tolong C karena A tidak mau menanggung resikonya.

Saya kasih contoh misalkan Juna ingin mengkritik dosen killer tapi Juna tidak berani dengan resiko yang mungkin terjadi (nilai C, kritik balik atau malah tidak lulus) oleh sebab itu Juna meminta Rian untuk mengkritik dosen tersebut.

Apakah kamu pernah di posisi Juna?

Atau berada di posisi Rian?

Pada intinya ada orang yang tidak mau menanggung resiko dari apa yang mereka perbuat.

Pernah bertemu?

Atau malah sering?

Saya kerap bertemu orang begini. Orang seperti ini tidak ingin berkonflik apalagi berurusan dengan orang lain dan pengen “penak e dewe”. Asumsi saya terhadap orang seperti ini adalah ingin merasa “aman” karena ini memang sifat asli menusia. Selain itu juga tidak ingin menanggung resiko dari apa yang diperbuat.

Namun, lama-lama juga kesel ya ketika orang lain komentar blablabla tapi tidak mau menyuarakan komentar tersebut kepada orang yang ingin di komentarin. Apalagi malah meminta orang lain untuk menyampaikan komentar tersebut. Tentu saja yang menjadi sasaran adalah mediatornya.

Satu yang sebenarnya saya tekankan, terutama pada diri saya sendiri adalah saya bertanggungjawab atas apa yang saya lakukan. Mau mengkritik orang lain atau apapun yang kita lakukan itu sebuah keputusan dan semua itu tanggung jawab diri sendiri.

Keputusan sendiri tidak selalu benar tapi bukan itu poinnya. Poinnya adalah kita mampu mengambil keputusan dan bertanggungjawab dengan apa yang menjadi keputusan kita.

Balik ke orang-orang yang tidak ingin menanggung resiko pada dasarnya hal itu tidak akan bertahan lama. Akan ada saatnya mereka pasti speak up dan menerima konsekuensinya. Simpelnya, salah ya mengakuinya. Hanya saja, lagi-lagi saya tidak habis pikir dengan orang yang tidak mau menerima konsekuensi, apalagi malah menjluntrungkan/menjebloskan orang lain/menjadikan orang lain kambing hitam dari apa yang ingin mereka lakukan.

Hem, kok ya ada ya.  

 

 

0 komentar:

Post a Comment