GOALS

Taufik Nur Andrian: Peran Generasi Muda Dalam Membangun Desa

 

Sebenarnya apa sih anak muda itu?

Bagaimana perannya di tengah masyarakat?

Hmmmm,semua akan segera terjawab, hehe. Segmen kali ini saya sudah berhasil mewawancarai Ketua Karang Taruna Desa Krowe yaitu Taufik Nur Andrian.

Topik yang dibahas juga berkaitan dengan pemuda. Salah satu pernyataannya “Pemuda seharusnya memanfaatkan teknologi, bukan dimanfaatkan teknologi”

Wah, bener banget ya. Teknologi mesti digunakan untuk hal yang positif dan produktif.

So, langsung aja simak hasil wawancara saya berikut ini.

#1 Menurut Anda, apa itu generasi muda?

Generasi muda adalah para pemuda yang diharapkan sebagai penerus orang orang muda sebelumnya yang sekerang sudah beranjak menjadi  tua (senior)

#2 Mengapa generasi muda perlu membangun dan mengembangkan desa?

Pentingnya generasi muda dalam membatu memajukan desa karena para pemuda itu dalam usia usia produktif dianggap mempunyai ide ide yang inovatif apalagi di era milienial saat ini era dimana pemikiran pemikiran pemuda sangat dibutuhkan untuk mencari solusi dalam pembangunan dan pengembangan.

#3 Menurut Anda, bagaimana cara pemuda desa berkontribusi membangun desanya?

Kontribusi pemuda dalam membangun desa bisa dengan cara bergabung dengan karang taruna desa, aktif dalam kegiatan masyarakat disekitar lingkungan rumah, menekuni suatu keahlian sehingga bisa membanggakan mengangkat nama Desa.  Di Era Industri 4.0 sangat memberikan peluang yang sangat besar untuk pemuda dalam mengenalkan Desa ke Dunia Luas melalui jejaring sosial.

#4 Berdasarkan pengalaman Anda, apa kendala pemuda desa dalam memajukan desanya?

Kendala dalam memajukan desa khususnya melalui organisasi karang taruna adalah masih banyaknya pemuda yang kurang aktif dan masih menganggap menjadi anggota karang taruna itu hal yang nomor dua, sehingga untuk menyelenggarakan program kegiatan yang cukup besar itu kurang dukungan yang maksimal dari sebagian anggota.

#5 Selain itu, apa tantangan pemuda desa saat ini?

Tantangan pemuda 4.0 saat ini adalah bagaimana pemuda bisa memanfaatkan teknologi bukan dimanfaatkan oleh teknologi.

#6 Saat ini Anda  masih menjabat sebagai Karang Taruna Desa Krowe, apa harapan Anda untuk karang taruna kedepan?

Harapan untuk karang taruna ke depannya adalah karang taruna bisa memunculkan ide hal hal baru untuk memunculkan potensi potensi yang ada di desa, selain itu karang taruna juga harus peka terhadap kehidupan sosial dan kebersihan alam sekitar. Bisa menjadi wadah untuk pemuda desa dalam berorganisasi yang bisa menampung seluruh aspirasi pemuda desa Krowe.

#7 Terakhir, apa pesan-pesan Anda untuk generasi muda terutama pemuda Desa Krowe?

Jadilah anak muda yang merdeka jangan mudah di adu domba oleh siapapun, bersatu dalam latar belakang yang berbeda adalah modal untuk suatu karya yang besar. Tekuni apa yang menjadi potensi kalian, Jangan takut membuat hal baru yang belum pernah dijalankan di Desa Krowe.

Sebagai generasi penerus sudah semestinya kita ikut serta dalam mengisi kemerdekaan. Salah satunya dengan berkontribusi dalam memajukan desa. Mulai dari desa.

Profil singkat:

Nama lengkap    : Taufik Nur Andrian S.IP.

Facebook           :  Taufik Nur Andrian

Instagram          : @mastop_x

0 komentar:

Post a Comment