GOALS

Ternyata Data Saya Sudah Bocor

Bicara soal privasi data memang saya cukup waswas, apalagi setelah adanya berita kalau data Tokopedia bocor, Zoom bocor dan beberapa aplikasi lain.

Terakhir, saya kembali khawatir setelah ada yang mencoba login ke akun gmail saya. Kemudian saya cek dan ternyata orang tersebut berasal dari Jepang. Saya pun langsung mengganti passwordnya.

Pagi ini saya buka instagram kemudian menemukan postingan cara memeriksa apakah data kita bocor atau tidak. Saya pun tertarik untuk mencobanya untuk melihat apakah data saya memang bocor ataukah tidak.

Pemeriksaan kebocoran data ini ternyata menggunakan sebuah website yakni periksadata.com. Saya pun mencobanya dengan mengakses website lalu memasukkan email saya dan klik periksa sekarang.

Jeng, jenggggggggg.

Hasilnya begini.


Waduhh, ternyata email saya bocor di 3 aplikasi yaitu wattpad, canva dan tokopedia. Saya emang beberapa waktu lalu mengakses aplikasi tersebut akan tetapi yang paling lama bocor ternyata canva.

Saya sendiri menggunakan website periksadata.com ini atas rekomendasi narasi tech dan kemudian saya terapkan. Eh eh muncul ternyata dimana data kita bocornya, dilengkapi kapan dan apa aja yang bocor.

Untuk meminimalisir kebocoran email, kita hanya perlu menggunakan Akun Google lalu menghapus aplikasi pihak ketiga dengan (open akun google, klik keamanan lalu klik aplikasi pihak ketiga dengan akses akun). Setelah itu kita bisa hapus akunnya.

Saya kemudian melakukan serangkaian hal tersebut dan tak lupa untuk password juga saya ganti, agar data tidak disalahgunakan dan yang terpenting adalah tidak lagi bocor.

Kebocoran data memang terkadang sering dilupakan oleh beberapa orang alias disepelekan gitu. Padahal data kan penting, kalau data sampek bocor ya bisa-bisa dimanfaatkan oleh pihak tertentu. Misalkan dengan adanya fenomena social engineering. Social engineering merupakan teknik mendapatkan informasi korban dengan memanfaatkan manipulasi psikologis, seperti menyamar menjadi seseorang kemudian melakukan penipuan. Inilah salah satu dampak yang terjadi apabila data kita bocor, bisa aja ada yang akan menipu kita, baik via telepon atau pesan.

Wah, kok jadi was-was lagi ya. Oleh sebab itulah kita selalu dianjurkan untuk rutin mengganti password. Akan tetapi kebanyakan orang bahkan saya sendiri sering malas mengganti password. Alhasil ya mesti baru ganti kalo ada beginian, hadeh. Secara gak langsung ini membuktikan kalau kita masih kurang pemahaman mengenai pentingnya data pribadi. Btw, semoga data-data gak bocor lagi hiiii.


Source : Narasi Tech

0 komentar:

Post a Comment