GOALS

Tips Menjawab Pertanyaan Saat Presentasi

Adakah yang mau bertanya?”

Biasanya hal ini diajukan moderator setelah presentasi dilakukan.

Siapa sih yang gak kenal presentasi?

Haaa, pasti teman-teman sudah mengenalnya kan ya XD.

Presentasi merupakan kegiatan berbicara di depan publik untuk menyampaikan suatu materi atau informasi. Nah, selesai presentasi biasanya akan ada sesi diskusi dimana audience akan menanyakan topik yang terkait atau hal yang belum dipahami.

Sebagai presentator tentunya kita harus menjawab pertanyaan dengan tepat dan untuk itulah tulisan ini di buat, hehe. Berikut beberapa tips yang bisa kita gunakan dalam menjawab pertanyaan saat presentasi.

Ulangi Pertanyaan

Pertama, kita bisa mengulang pertanyaan yang telah diajukan dengan tujuan untuk menyamakan presepsi. Dengan catatan pertanyaan tersebut sedikit membingungkan atau belum kita pahami arahnya kemana. Jadi, kita bisa menanyakan ulang pertanyaan sesuai bahasa kita. Kalau sama-sama oke ya barulah kita jawab.

Hindari Kata “Mungkin dan Katanya”

Kedua, hindari dua kata diatas. Mungkin dan Katanya adalah dua kata yang “meragukan” atau “kurang yakin”. Hal ini akan mengurangi kredibilitas kita sebagai presentator. Ketika kita menjadi presentator, anggaplah kalau kita ahli di bidang topik tersebut dan kita sudah mempelajari semua topiknya. So, hindari ya. Kita mesti percaya diri dengan jawab yang kita sampaikan.

Gunakan Data dan Fakta

Ketiga, usahakan menggunakan data dan fakta untuk menguatkan jawaban kita. Data dan fakta bisa diambil dari artikel atau sumber berita yang nantinya menjadi referensi kita. Oiya, jangan sampai menyampaikan data “podo plek” tapi gunakan poinnya lalu sampaikan dengan bahasa sendiri. Kita bisa menggunakan kalimat “Menurut saya” namun disertai data.

Fokus pada Pertanyaan

Keempat, fokuslah pada pertanyaan yang diajukan. Jangan sampai menghubungkannya dengan topik lain. Hal ini akan memicu penanya untuk mengajukan pertanyaan beruntun. Jadi, fokus yaa gengs.

Oke, sekian dulu untuk tipsnya. Ternyata lama sekali tidak menulis tentang tips, hehe. Semoga bermanfaat dan semangat!

2 komentar

  1. Nggak ada yg nggak kenal sama presentasi ya kak, mayoritas anak sekulahan pasti tau, haha..
    Dan kalo udah moderator bilang gini, semua auto nunduk, kecuali si jenius, wkwk..

    ReplyDelete