GOALS

Workshop TOEFL Unit Pengembangan Bahasa (UPB) IAIN Ponorogo

Kesempatan selalu datang kapan saja dan saya tak mau melewatkannya. Dua minggu sebelumnya saya dihubungi Kepala Jurusan untuk mengikuti kegiatan workshop di kampus. Tanpa babibuba ya saya iyakan. Pas sekali karena sebenarnya saya mau ikutan yang pelatihan dan toefl preparation online tapi saya tunda lagi karena akan mengikuti yang di kampus. Ternyata saya tidak sendiri, ada 3 teman saya yang juga satu jurusan.

Workshop ini sebenarnya ada 2 yaitu TOAFL dan TOEFL tapi saya dan teman-teman pilih TOEFL sehingga ke kampus hari selasa, 13 Oktober 2020. Tidak seperti biasanya, sebelum ke kampus saya harus cek suhu dulu kemudian registrasi bersama teman saya. Saat itu ada 2 teman saya karena yang 1 sakit.

Setelah registrasi, kami pun memasuki ruangan. Ternyata ruangan terbagi jadi 2 ada ruang A dan ruang B. Saya sendiri di ruang B bersama teman saya. Acara dimulai jam 8 dengan pemateri yakni dosen saya dulu, Ibu Desi Puspitasari. Beliau dulu dosen Bahasa Inggris saya waktu semester awal dan ternyata hari itu bertemu lagi. Beliaulah yang menjadi pemateri.

Kegiatan diawali dengan berdoa kemudian semua peserta diharuskan untuk mengerjakan pre-test TOEFL. Huwaa, setelah sekian lama gais wkwk. Setelah itu pemateri memaparkan materi mengenai TOEFL, seperti definisi, tips dan trik, apa saja pembagiannya, bagaimana jurus-jurus mengerjakannya :D dan masih banyak lagi.

Btw, sebelum memasuki ruangan peserta mendapatkan beberapa fasilitas seperti bolpoin, catatan, tempat pensil, totebag dan materi sehingga bisa digunakan saat kegiatan workshop. Tak lupa juga ada konsumsinya :D

Nah, pembahasan mengenai materi ini berlangsung sekitar pukul 9 sampai 12 siang lalu istirahat 1 jam. Istirahat ini untuk sholat dan makan siang. Sambil jalan-jalan di kampus, kami memutuskan untuk sholat di masjid kampus. Sudah lama sekali tidak sholat disitu, hampir 1 tahun berarti hihi.

Biasanya saya kalau ke masjid lewatnya jalur sempit pinggir pagar itu karena selain sebagai jalan pintas juga lebih cepat. Kali ini saya juga merekomendasikan teman-teman lewat situ :D

Kemudian kami makan siang lalu sholat dan balik lagi ke ruangan (lebih tepatnya gedung F).

Waktu telah menunjukkan pukul 1 siang kemudian kami diminta mengerjakan soal TOEFL yang jumlahnya (pokoknya banyak banget) dari Listening, Structure, Writing, Reading ini. Semua peserta mengerjakan dan yang sudah selesi bisa dikumpulkan dan pulang lebih dulu.

Nah, begitulah cerita singkatnya workshop toefl beberapa waktu lalu. Saya sendiri baru pertama kali mengikuti workshop toefl di kampus saya sendiri. Semoga akan ada workshop lagi dengan peserta yang bisa lebih banyak, karena mungkin lagi pandemi ya pesertanya kali ini dibatasi.

  

0 komentar:

Post a Comment