Nov 23, 2020

3 Tips Ampuh untuk Melawan Rasa Malas

Foto oleh Kha Ruxury dari Pexels

Rasa malas memang datang pada siapa saja dan kapan saja. Tak jarang malas membuat suatu tugas atau pekerjaan jadi ditunda-tunda dan bahkan terbengkalai. Alhasil sibuk mengejar deadline, keteteran dan langganan dengan yang namanya begadang.

Dalam jangka pendek memang tidak masalah namun lama-lama memberikan efek yang tidak baik untuk diri kita. Selain kurang maksimalnya pekerjaan juga berdampak bagi kesehatan. Buat kamu yang masih kesulitan untuk melawan rasa malas, coba dulu untuk menerapkan tips dibawah ini.

Buatlah Jadwal

Rasa malas terkadang muncul saat ada waktu yang luang sehingga cara mengantisipasinya dengan membuat jadwal tugas yang akan diselesaikan. Pertama cobalah dua atau tiga tugas dan pastikan tugas tersebut dikerjakan secara tuntas.

Selain itu jangan lupa untuk istirahat setelah mengerjakan tugas. Dengan adanya jadwal kapan mengerjakan tugas dan kapan istirahat tentunya membuat waktu luang kita lebih sedikit dan mengurangi munculnya rasa malas.

Tidak Menunda Pekerjaan

Rasa malas kadang hadir saat kita tidak melakukan kegiatan. Apabila ada tugas yang harus dikerjakan maka cobalah untuk langsung mengerjakan. Seperti saat ada Pekerjaan Rumah (PR) yang harus dikumpulkan besok pagi berarti ya harus dikerjakan sepulang sekolah.

Selai itu, kita juga bisa membuat jadwal mengerjakan tugas dengan mempertimbangkan prioritas. Prioritas yang dimaksud bisa dilihat dari tugas yang akan dikerjakan, seperti deadline, tingkat kesulitan dan bentuk tugas.

Berikan Punishment and Reward

Terakhir, berikanlah reward ketika selesai mengerjakan tugas seperti makan Mie Ayam favorit, ngemil kesukaan atau travelling. Hal ini akan memotivasi kita untuk segera mengerjakan tugas dan menyelesaikannya.

Sebaliknya, jika tugas ditunda dan belum selesai maka berikanlah punishment atau hukuman bagi diri sendiri. Seperti tidak bermain sosial media atau tidak memegang gadget dalam satu hari.

Memang tidak mudah untuk melawan rasa malas tapi cobalah terlebih dahulu. Rasa malas yang sesekali muncul memang hal yang wajar namun apabila berkepanjangan akan memberikan dampak yang fatal.

 


Share:

0 komentar:

Post a Comment