GOALS

Pengajuan Judul Skripsi

Sangat tidak terasa sekali, perasaan baru kemarin saya masuk kuliah eh udah mau skripsi aja. Hehe,

Minggu ini saya lagi sibuk-sibuknya buat pengajuan judul. Sembari penutupan magang ternyata berbagai jurusan sudah mulai pengarahan skripsi dan pengajuan judul. Hal ini juga berlaku buat jurusan saya.

Btw, di jurusan saya sendiri berbeda dengan jurusan lain. Kalau di jurusan saya ada penelitiannya ada Kualitatif, Kuantitatif dan RnD. Nah, kalau jurusan lain biasanya ada PTK atau Penelitian Tindakan Kelas.

Balik ke judul skripsi. Tiap jurusan biasanya model pengajuannya berbeda dengan kata lain ada yang online dan ada juga yang offline. Kalau jurusan saya ini online.

Sebelumnya akan diadakan pengarahan judul skripsi dulu dan hal ini saya lakukan Jumat siang kemarin bersama Kepala Jurusan dan teman-teman seangkatan saya.

Pengarahan ini berisi bagaimana penelitian di masa pandemi, apa saja tantangannya, bagaimana gambarannya, bagaimana contoh-contoh judulnya dan diakhiri dengan sesi diskusi dengan beliau. Kegiatan tersebut dilakukan secara online melalui Google Meet.

Setelah kegiatan tersebut selesai maka selanjutnya terbitlah template Matriks Pengajuan Judul yang dikirim melalui WAG. Matriks Pengajuan Judul ini berupa template yang berisi kolom-kolom (gambaran latar belakang, telaah literatur, penemuan masalah, dll yang kemudian bermuara ke judul penelitian). Setiap pendekatan penelitian (kuan/kual/dll) itu memiliki template yang berbeda dan tiap jurusan juga berbeda templatenya.

Alhamdulillah Kepala Jurusan juga memberikan contoh Matriks Pengajuan Judul tahun lalu sehingga bisa lebih memberikan gambaran kepada saya dan teman-teman untuk membuat judul skripsi hehe. Terima kasih pak :D

Setelah dikirimkannya template  kemudian saya harus mengerjakannya alias mengisi template tersebut dan berujung pada Judul Skripsi saya. Fyi, saya dan teman-teman hanya diminta membuat 2 judul skripsi yang bebas (boleh kuan/kual/mix/dll). Setelah sudah jadi bisa langsung dikirim deh.

Duh, simpelnya ya hehehe.

0 komentar:

Post a Comment